Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fisika Unand

19 Februari 2017

Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM merupakan bentuk kongkrit dari tertuangnya ide-ide kreatif mahasiswa. Minat mahasiswa kepada penulisan PKM dirasa perlu dikembangakan, guna menumbuhkan  kreativitas serta daya kompetisi karya tulis mahasiswa Fisika Universitas Andalas (UNAND)  di ranah nasional. Jurusan Fisika dan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) UNAND memiliki  keinginan yang sama yaitu untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, kedua lembaga ini mengadakan sebuah kegiatan berupa Workshop PKM pada tanggal 18 Februari 2017. Kegiatan Workshop PKM ini, berusaha memberikan motivasi dan teknik penulisan PKM yang berkualitas kepada mahasiswa.

Kegiatan workshop PKM ini, bertempat di plaza MIPA dan dibuka oleh sambutan dari bapak Dr. techn. Marzuki  selaku Ketua Jurusan. Kegiatan ini  di hadiri oleh ratusan peserta. Jumlah tersebut telah melampaui target dari panitia yaitu 80 orang peserta. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Dendi Adi Saputra, M. T. Beliau dosen Unand yang sangat berpengalaman dalam Pimnas.  Mengangkat tema  “Bedah PKM dan Tips Lolos Pimnas”, betul memuncahkan semangat peserta yang hadir.  Dengan lugas, Pak Dendi memberikan banyak motivasi untuk mulai menulis PKM,  teknik penulisan PKM  berkualitas,  tips agar PKM dapat lolos dalam Pekan ilmiah nasional atau lomba-lomba penulisan ilmiah lainnya. Workshop PKM ini tidak hanya sekedar memberikan materi kepada peserta tetapi  terdapat pula  praktek penulisannya. Beberapa proposal yang telah didaftarkan pada tahun 2016, coba diulas secara cermat oleh Pak Dendi.

Kegiatan workshop PKM ini dapat dikatakan cukup sukses, melihat antusias peserta yang tinggi terhadap kegiatan ini. Melalui kegiatan ini pula, setidaknya dapat diketahui betapa besar potensi para peserta khususnya dalam penulisan PKM. Hal ini dapat dilihat dari hasil praktek penulisan ilmiah yang menghasilkan tulisan-tulisan dengan ide yang kreatif dan solutif. Suksesnya kegiatan workshop PKM ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara Jurusan dan Himpunan.  Kegiatan ini menjadi seebuah langkah awal untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Outputnya adalah semakin banyak mahasiswa Fisika Unand  yang mengikuti lomba-lomba penulisan ilmiah seperti pimnas dan mereka dapat lolos  menjadi juara pimnas berikutnya. Semoga gerakan 101 proposal PKM dari Jurusan Fisika UNAND terealisasi pada tahun 2017 ini.

Read 1352 times

Info Penting

Certificate of Webinar "Trik Sukses Menjelajahi Eropa dengan Beasiswa" Click Here
Toggle Bar