Dr. Afdhal Muttaqin, M.Si Terpilih Sebagai Kajur Fisika UNAND Periode 2021-2025

07 Jun 2021

Padang (Fisika – UNAND)-Senin, 07 Juni 2021 menjadi hari penting bagi Jurusan Fisika Universitas Andalas dengan terpilihnya Ketua Jurusan (Kajur) Fisika Universitas Andalas (UNAND) yang baru. Dr. Afdhal Muttaqin, M.Si diberi amanah sebagai kajur untuk periode 2021-2025. Berbeda dengan pemilihan kajur periode-periode sebelumnya, kali ini pemilihan kajur dilakukan secara online.

Pemilihan Kajur Fisika diawali dengan sosialiasi yang dimulai pada tanggal 1 Juni, dilanjutkan penjaringan balon dan penetapan calon Kajur dan sosialiasi visi dan misi yang dilaksanakan pada tanggal 2-6 Juni 2021. Dari tahap ini, panitia pemilihan yang diketuai oleh Ahmad Fauzi Pohan, M.Sc, tidak berhasil mendapatkan calon kajur karena dari 10 dosen yang ditetapkan sebagai balon tidak ada yang bersedia menjadi kajur. Oleh karena itu, dilakukan proses penjaringan tahap-II pada tanggal 07 Juni 2021, dan berhasil menjaring 3 orang calon Kajur yaitu Dr. Harmadi, Dr. Dian Fitriyani, dan Dr. Afdhal Muttaqin, M.Si.

Sebelum dilakukan pemilihan, setiap calon kajur diberi waktu untuk menyampaikan kendala-kendala yang mungkin dapat menghambat yang bersangkutan untuk melaksanakan tugas sebagai Kajur, dan pandangan dia terhadap kondisi jurusan saat ini dan rencana perbaikan ke depan. Dr. Afdhal Muttaqin, M.Si. yang kemudian terpilih sebagai Kajur melalui voting online, dalam pemaparannya mengatakan bahwa Jurusan Fisika saat ini sudah sangat baik dan dia akan melanjutkan program yang ada dan menambah dengan beberapa program-program baru. Diantara program baru yang dia rencanakan adalah adanya tempat penitipan anak di Jurusan Fisika sehingga dosen-dosen yang memiliki balita dapat mengajar dengan tenang.

Setelah pemilihan kajur, dilakukan juga pemilihan anggota senat fakultas utusan Jurusan Fisika. Proses pemilihan dilakukan secara voting terhadap dosen-dosen yang memenuhi syarat menurut STATUTA UNAND. Dari hasil tersebut dipilih 3 dosen dengan suara tertinggi yaitu. Dr. techn. Marzuki, Dr. rer. nat Muldarisnur dan Dr. Elvaswer. Satu utusan lagi yaitu Prof. Dr. Dahyunir Dahlan ditetapkan tanpa proses pemilihan karena satu-satunya guru besar di Fisika.

Pada sesi akhir kegiatan pemilihan ini, dilakukan pemilihan Ketua Program Studi (Kaprodi) S2. Sesuai dengan STATUTA UNAND bahwa Kaprodi S2 dipilih oleh dosen-dosen yang memenuhi syarat untuk mengajar di Program S2, yaitu harus berkualifikasi S3. Dalam pemilihan yang dilakukan melalui musyawarah dan mufakat, Dr. Imam Taufiq diberikan amanah sebagai Kaprodi S2 Fisika UNAND untuk periode 2021-2025.

Semoga Jurusan Fisika UNAND semakin lebih baik, dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat untuk kejayaan bangsa. Saat ini dengan akreditasi BAN PT A untuk Prodi S1 dan S2, serta sertifikasi tingkat ASEAN (AUN-QA) untuk prodi S1, Jurusan Fisika UNAND merupakan Jurusan Fisika terbaik di luar pulau Jawa. Selain mempertahankan semua capaian yang sudah ada, hal ini akan tambah hebat lagi, jika akreditasi internasional (ASIIN) dapat diwujudkan oleh pengelolah ke depan, tentu dengan dukungan semua pemangku kepentingan; dosen, mahasiswa, tendik, alumni, pengguna dan mitra. (Ln, Mz)

Read 995 times

Info Penting

Certificate of Webinar "Trik Sukses Menjelajahi Eropa dengan Beasiswa" Click Here
Toggle Bar