Jurusan Fisika UNAND Selenggarakan Kuliah Tamu Biofisika dan Fisika Medis Bersama Dr. Sitti Yani, M.Si (IPB)

25 November 2020

(Padang-Fisika UNAND) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas (UNAND) menyelenggarakan Kuliah Tamu tentang Biofisika dan Fisika Medis pada Rabu (25/11/2020). Kuliah dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom. Perkuliahan dilaksanakan pukul 13.30 – 15.00 WIB dan diikuti oleh masyarakat umum dan mahasiswa Fisika UNAND terutama dari peminatan Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Biofisika dan Fisika Medis.

Bertindak sebagai Dosen Tamu adalah Dr. Sitti Yani, M.Si yang merupakan dosen divisi Biofisika di Jurusan Fisika, FMIPA, Institut Teknologi Bogor (IPB). Beliau membawakan tema terkait “Pendahuluan, Aplikasi dan Perkembangan Fisika dalam Radioterapi”. Kuliah ini mengulas mengenai penemuan dalam bidang Fisika Medis, kaitan dengan kanker, terutama Radioterapi dan komputasi pada Fisika Medis. Beliau menjelaskan beberapa tipe External Beam Radiation Therapy (EBRT), diantaranya intensity modulated radiation therapy (IMRT), Stereotactic Radiotherapy (SBS/SBRT), Gamma Knife and Cyber Knife serta Particle Beam Therapy.

“Pada saat ini, riset terapi proton menjadi fokus penelitian, dikarenakan terapi proton merupakan metode radiasi dengan keakuratan tinggi dalam radioterapi”, kata Dr. Sitti.

Lebih lanjut, Dr. Sitti Yani memaparkan mengenai penggunaan Monte Carlo dalam radioterapi dan radiodiagnostik. Beberapa source codes Monte Carlo yang digunakan dalam bidang Fisika Medis yang tidak berbayar diantaranya EGSnrc, Geant4, PHITS, dan MCNPX. Pemaparan beliau dalam kuliah ini sangat apik dan ditambah dengan sedikit mengulas perkembangan riset beliau pada radioterapi.

Kegiatan kuliah yang diikuti sekitar 98 peserta berlangsung menarik, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta pada sesi diskusi. Bagi mahasiswa, kegiatan ini menambah pengetahuan dan cara pandang baru terhadap topik riset pada Fisika Medis.

Di akhir kuliah, Dr. Sitti Yani memberikan peluang dan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin berdiskusi lebih lanjut bisa mengontak beliau melalui email instansi. Kuliah tamu ini ditutup dengan sesi foto bersama para peserta kuliah dan Dr. Sitti Yani, M.Si. (Som, Editor: Mz)

Read 765 times

Info Penting

Certificate of Webinar "Trik Sukses Menjelajahi Eropa dengan Beasiswa" Click Here
Toggle Bar