Jurusan Fisika Selenggarakan Workshop Persiapan Akreditasi Internasional (ASIIN)

07 November 2020

(Padang-Fisika UNAND) Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Andalas (UNAND) terus melakukan perbaikan mutu akademik agar memenuhi standar internasional. Setelah tersertifikasi AUN-QA, Jurusan Fisika mulai mempersiapkan diri untuk akreditasi internasional,yaitu dari lembaga ASIIN [Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik].

Untuk menyiapkan hal tersebut, Jurusan Fisika melaksanakan Workshop ASIIN dengan mengundang pembicara dari Prodi Fisika Universitas Airlangga (Unair). Kegiatan dilaksanakan secara virtual pada hari Sabtu, 07/11/2020.

Kegiatan Workshop ini mendapatkan dukungan penuh dari Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) UNAND. Dalam pembukaannya, Ketua LP3M, Prof. Henny Lucida mengatakan bahwa UNAND berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu yang ada dengan mendorong prodi-prodi untuk mendapatkan pengakuan mutu berupa akreditas internasional.

“UNAND memberikan kesempatan kepada 30-an prodi untuk mengusulkan akreditasi internasional”, jelas Prof. Henny. “Akreditasi internasional ini juga memiliki nilai strategis dalam pemenuhan indikator kinerja utama (IKU) dari universitas”, tambah Prof. Henny.

Sebelum dibuka oleh Ketua LP3M, Ketua Jurusan Fisika, Dr. rer.nat Muldarisnur, dan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas MIPA, Dr. Mahdivan Syahwan, turut menyampaikan kata sambutan.

“Terima kasih kepada Prof. Moh. Yasin yang sudah bersedia berbagi pengalaman dengan kami”, kata Dr.rer.nat Muldarisnur.

Dr. Mahdivan Syahwan dalam kata sambutannya sangat mengapresiasi capaian dari Jurusan Fisika.

“Jurusan Fisika sudah membuat capaian yang luar biasa, dimana semua prodi terakreditasi A, dan Prodi S1 sudah tersertifikasi AUN-QA”, kata Dr. Mahdivan.

Kegiatan Workshop yang dilaksanakan sekitar tujuh jam diisi oleh Prof. Moh. Yasin, yang merupakan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Unair. Beliau didampingi oleh Adri Supardi, M.S, Herri Trilaksana, P.hD., Dr. Nuril Ukhrowiyah dan Dr. Riries Rulaningtyas.

Dalam workshop ini materi yang disampaikan diantaranya: ASIIN in Brief, Curriculum Document, Penyusunan SAR, dan diskusi. Pada bagian awal Prof. Yasin berbagi pengalaman, bagaimana proses awal pengajuan akreditasi Prodi S1 Fisika Unair, hingga diperolehnya akreditasi pada tahun 2018.

Kegiatan berlangsung sangat menarik, dengan rasa antusias yang tinggi dari peserta yang semuanya adalah dosen Jurusan Fisika UNAND. Pengalaman prodi S1 Fisika yang baru saja melaksanakan AUN-QA, membuat suasana semakin hidup. Beberapa pengalaman selama AUN-QA, baik dari sisi standar kurikulum atau OBE secara umum, dibandingkan dengan pengalaman ASIIN dari Prodi Fisika Unair. Terdapat beberapa masukan yang berharga dari pengalaman Unair, dalam pembenahan dokumen kurikulum Prodi S1 Fisika UNAND, agar sesuai dengan Subject-Specific Criteria dari ASIIN. (Mz)

Read 741 times

Info Penting

Certificate of Webinar "Trik Sukses Menjelajahi Eropa dengan Beasiswa" Click Here
Toggle Bar