Prodi S1 Fisika UNAND Resmi Tersertifikasi Tingkat ASEAN oleh AUN-QA

20 Oktober 2020

(Padang-Fisika UNAND)  – Penilaian proses penyelenggaraan pendidikan di Prodi S1 Fisika Universitas Andalas (UNAND) oleh ASEAN University Networking-Quality Assessment (AUN-QA) telah  dilaksanakan satu bulan yang lalu, tepatnya pada Senin, (7/9). Kegiatan assessment dilaksanakan oleh  tim assessor AUN-QA yang terdiri dari Assoc. Prof. Evangeline P. Bautista, Ph.D. (Ateneo De Manila University: Philippines) dan Asst. Prof. Supitcha Cheevapruk, Ph.D (King Mongkut's University of Technology North Bangkok: Thailand).

Alhamdulillah, pada Senin (20/10), Jurusan Fisika telah menerima sebuah hasil yang sangat membanggakan dimana Prodi S1 Fisika dinyatakan lolos sertifikasi dengan kategori “adequate as expected”, menandakan bahwa Prodi S1 Fisika UNAND, telah sejajar dengan Prodi S1 Fisika di negara-negara ASEAN.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Jurusan Fisika, Dr. rer.nat Muldarisnur. “Alhamdulillah, kita tersertifikasi tingkat ASEAN”, ujar Muldarisnur. Beliau juga mengatakan, sertifikasi ini adalah bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan di Jurusan Fisika. Hasil penilaian ini akan dijadikan pertimbangan aspek kualitas pendidikan yang perlu dikembangkan.

“Ini bukan hanya soal sertifikasi, tetapi juga upaya kita untuk mendorong pendidikan yang lebih berkualitas di masa depan. Intinya, kualitas ini yang akan kita dorong terus, baik melalui sertifikasi maupun akreditasi,” tambah Muldarisnur.

Tim asesor AUN-QA mengapresiasi beberapa bagian penting dari standar penilaian diantaranya pada komponen Teaching and Learning Approach, Student Assessment, dan Student Quality and Support. Untuk tiga komponen ini Prodi S1 Fisika UNAND mendapatkan nilai 5 dari skala 7. Dari empat prodi di UNAND yang dinilai AUN-QA pada tahun 2020, Prodi S1 Fisika mendapatkan nilai tertinggi.

“Alhamdulillah, kita mendapat nilai yang lebih baik dari prodi yang lain” kata Muldarisnur.

Dengan telah dapat sertifikasi AUN-QA, Prodi S1 Fisika UNAND, telah bisa disejajarkan dengan Prodi S1 Fisika di negara-negara ASEAN. Namun, AUN-QA merupakan tahapan menuju internasionalisasi pendidikan. "Ini masih sebatas ASEAN dulu. Sehingga untuk internasionalisasi akan lebih mudah," kata Muldarisnur.

Walaupun AUN-QA baru saja usai, dalam bulan Oktober ini Jurusan Fisika akan mulai melaksanaan workshop akreditasi internasional yaitu untuk akreditasi ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). Hal ini dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, karena sesungguhnya akreditasi itu bukanlah tujuan, tetapi sebuah pengakuan daripada mutu. (Mz)

Read 1019 times

Info Penting

Certificate of Webinar "Trik Sukses Menjelajahi Eropa dengan Beasiswa" Click Here
Toggle Bar