Peduli Covid-19, Jurusan Fisika Unand Bagikan Masker Gratis Untuk Masyarakat Sekitar Kampus

21 April 2020

(Padang-Fisika Unand) Menyikapi kondisi terkini terkait penyebaran virus Covid-19 atau virus corona, dengan tingkat penyebaran yang makin luas dan bertambahnya korban  terutama di wilayah Padang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (Unand) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini sifatnya kompetitif bagi jurusan yang ada di lingkungan FMIPA.

"Ya, FMIPA telah menyetujui 13 kegiatan pengabdian tahun ini. Dosen-dosen juga didorong untuk mengarahkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian kearah pencegahan Covid-19”, tutur Dekan FMIPA Prof. Dr. Safni, Selasa (21/04). Tambahnya lagi, “kebijakan ini dalam rangka membantu usaha pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus Covid-19”.

Dalam rangka kegiatan pengabdian ini, pada Hari  Selasa (21/04), Jurusan Fisika FMIPA Unand membagikan 400 masker dan 150 botol hand sanitizer kepada masyarakat terutama pengguna jalan. Pembagian dipusatkan di Jl. Alai Pauh V, Kec. Pauh Padang, dengan target utama warga sekitar Kampus Unand yang melalui jalan tersebut. “Persoalannya adalah ditengah pandemi virus ini banyak masyarakat yang sulit mendapatkan masker dan hand sanitizer, selain mahal juga susah didapat. Dengan adanya program ini maka masyarakat akan mendapatkan masker secara gratis dan juga akan menumbuhkan kesadaran pentingnya menggunakan masker disaat pandemi Covid-19 ini", kata Afdal, M.Si Ketua Pelaksana kegiatan pembagian masker dan hand sanitizer gratis ini.  

Masker yang dibagikan adalah masker kain non-medis yang dapat digunakan secara berulang namun tetap terlindung dari penularan virus Covid-19.  Disebutkan Afdal, M.Si, “antusias masyarakat luar biasa, masker sebanyak 400 lembar habis dalam waktu kurang dari satu jam”. “Berdasarkan pendataan yang kami lakukan bersamaan dengan kegiatan ini, masih banyak masyarakat yang belum memiliki masker”, ujar Afdal, M.Si. Selain diikuti dosen, kegiatan ini juga diikuti mahasiswa dalam rangka meningkatkan kecendekiawanan social mereka.

Dihubungi pada kesempatan terpisah, Dr. rer.nat Muldarisnur Ketua Jurusan Fisika FMIPA Unand membenarkan kegiatan pengabdian yang sedang dilaksanakan. Selain kepada masyarakat, Jurusan Fisika juga memberikan bantuan kepada mahasiswa yang terdampak Covid-19. “Bantuan yang telah disalurkan kepada mahasiswa terbagi kedalam dua bentuk; bantuan dana dan paket internet. Bantuan dana diberikan kepada mahasiswa terutama mahasiswa indekos yang bertahan di Padang” kata Dr. rer.nat Muldarisnur. Tambahnya lagi “untuk paket internet diserahkan kepada sebagian mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk mengikuti kuliah daring”. Bantuan Jurusan Fisika ini merupakan donasi dari dosen dan alumni Jurusan Fisika Unand (Mz).

Read 960 times

Info Penting

Certificate of Webinar "Trik Sukses Menjelajahi Eropa dengan Beasiswa" Click Here
Toggle Bar