Physics Goes to School 2018

30 April 2018

(Jurusan Fisika-Padang)-Jurusan Fisika Universitas Andalas (Unand) melakukan roadshow ke SMA/MAN unggul di Sumatera Barat selama bulan April 2018. Kegiatan ini dinamai “Physics Goes to School 2018” dan dilakukan dalam rangka meningkatkan minat siswa terhadap Fisika dan mengenalkan Program Studi (Prodi) yang ada di Jurusan Fisika Unand. Selain pengenalan Fisika dan prospek kerjanya, pada kegiatan roadshow diperkenalkan juga tips dan trik sukses SNMPTN dan SBMPTN.

Roadshow perdana berawal dari SMAN 1 dan SMAN 3 Padang Panjang pada tanggal 2 April 2018. Tim Jurusan Fisika yang dikirim ke kedua SMA ini adalah Dr. Harmadi, Dr. Elvaswer, Dr. Dwi Puryanti dan Rahmat Rasyid, M.Si. Selain kegiatan sosialisasi dalam bentuk ceramah, dilakukan juga penyebaran brosur yang berisikan profil Jurusan Fisika Unand. Dalam kegiatan ini dilakukan penjajakan peluang kerjasama, berupa pendampingan dan pelatihan untuk guru dan siswa.

Kegiatan roadshow berikutnya menyambangi Kota Padang, Lubuk Basung dan Bukittingi pada tanggal 21 April 2018. Untuk Kota Padang, sekolah yang dikunjungi adalah SMAN 3 dan MAN 2 Padang. Tim Jurusan Fisika yang dikirim ke kedua sekolah ini adalah Dr. Zulfi, Alimin Mahyudin, M.Si, Astuti, M.Si, Dian Milvita, M.Si., dan Nini Firmawati, M.Sc. Untuk Kota Bukittingi, sekolah yang dikunjungi adalah SMAN 2 dan SMAN 4 Bukittinggi. Tim Jurusan Fisika yang ke sekolah ini adalah Dr. Dian Fitryani, Dwipuji Astuti, M.Si, Elistia Liza Namigo, M.Si, dan Mutya Vonnisa, M.Si. Selain itu, diikutkan juga 6 orang mahasiswa. Mahasiswa yang dilibatkan ini adalah mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik dan ekstrakurikuler yang menonjol sehingga diharapkan siswa akan semakin tertarik kuliah di Jurusan Fisika nantinya. Selain ceramah, dilakukan juga berbagai quiz yang menarik minat peserta.

Roadshow di Lubuk basung dilakukan di SMAN 2 Lubuk Basung. Tim Jurusan Fisika ke sekolah ini adalah Dr. techn. Marzuki, Dr. Mohamad Ali Shafii, Dr. rer.nat Muldarisnur, Afdal, M.Si., dan Ardian Putra, M.Si. Kegiatan roadshow diawali dengan presentasi mengenai perkembangan riset material terkini yang disampaikan oleh Dr. rer.nat Muldarisnur. Untuk pengenalan Jurusan Fisika, dilakukan oleh Dr. techn. Marzuki.  Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi.[Mz]

Read 1074 times

Info Penting

Certificate of Webinar "Trik Sukses Menjelajahi Eropa dengan Beasiswa" Click Here
Toggle Bar