Kunjungan Prof. Hiroyuki Hashiguchi dari Universitas Kyoto

22 September 2017

Padang (Fisika Unand)- Jurusan Fisika Universitas Andalas (Unand) kedatangan tamu Assoc. Prof. Hiroyuki Hashiguchi  dari Research Institute for Sustainable Humanosphere (RISH) Universitas Kyoto Jepang. Beliau datang ke Fisika Unand  Jum’at, 22 September 2017, disambut oleh Ketua Jurusan Fisika dan beberapa staf pengajar Jurusan Fisika Unand.

Assoc. Prof. Hiroyuki Hashiguchi   merupakan salah satu peneliti senior dan ternama dalam bidang radar atmosfir. Beliau memperoleh gelar Doktor dari Universitas Kyoto.  Beliau aktif dalam beberap a judul riset seperti: (1) Observations of the equatorial atmosphere with the Equatorial Atmosphere Radar (EAR), (2) Development of advanced radar system, (3) Development of ship-borne atmospheic radar system, (4) Development of MU radar imaging observation system . Saat ini beliau aktif dalam beberapa organisasi seperti: (1) The Meteorological Society of Japan, (2) The Society of Geomagnetism and Earth, Planetary and Space Sciences, (3) The Institute of Electronics, Information and Communication Engineers, (4) American Meteorological Society, dan (5) American Geophysical Union.  Sampai saat ini beliau sudah menulis  lebih dari 122 paper ilmiah yang terindek scopus dengan H-index 19.

Kunjungan  Assoc. Prof. Hiroyuki Hashiguchi ke Jurusan Fisika dalam rangka kegiatan penelitian dengan Dr. techn. Marzuki, dalam skim penelitian kerjasama luar negeri (KLN) KLN yang didanai oleh Kemenristekdikti. Sejak tahun 2015, telah ditandatangani MoU antara Fakultas MIPA dengan RISH, dalam bentuk kerjasama penelitian, pertukaran mahasiswa dan staf dosen. Untuk kerjasama penelitian, telah dilakukan banyak kegiatan penelitian baik dengan dana Kemenristekdikti (KLN) maupun dengan dana dari Universitas Kyoto. Dari kerjasama ini telah dilahirkan banyak publikasi bersama. Selain itu, pada tahun 2015, 5 orang mahasiswa Fisika melakukan pertukaran mahasiswa ke Universitas Kyoto.

Dalam kunjungan kali ini, selain diskusi penelitian, Assoc. Prof. Hiroyuki Hashiguchi menyampaikan kuliah tamu kepada mahasiswa Fisika, yang dihadiri oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Fisika Atmosfir dan mahasiswa yang tugas akhir dalam bidang Fisika Atmosfir. Selain itu, Assoc. Prof. Hiroyuki Hashiguchi juga melakukan pengecekan instrument penelitian (gambar di atas). Sejak tahun 2014, satu buah Parsivel (alat untuk mengukur butiran hujan), telah dipasang di atap Jurusan Fisika. Peralatan ini adalah milik Universitas Kyoto dan dioperasikan oleh Jurusan Fisika Unand. Selama kunjungan, Assoc. Prof. Hiroyuki Hashiguchi juga bertemu dengan Prof. Syafni, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FMIPA. Pada kesempatan tersebut, dibicarakan beberapa hal, terutama dalam penguatan kerjasama yang telah ada. Hal ini salah satunya dengan meningkatkan MoU ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu antara Rektor dengan Rektor. [Mz/Ln]

Read 963 times

Info Penting

Certificate of Webinar "Trik Sukses Menjelajahi Eropa dengan Beasiswa" Click Here
Toggle Bar