Sharing Bersama Alumni Fiqi Diyona, S.Si tentang Prospek Fisika Medis

06 Maret 2019

Padang (Fisika Unand)- Dalam rangka meningkatkan pengetahun mahasiswa Fisika tentang Fisika Medis, telah dilaksanakan kegiatan kuliah tamu dengan pembicara alumni Prodi Fisika Universitas Andalas, Fiqi Diyona, S.Si. Kuliah dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2019 di Ruang Seminar Fisika. Kuliah ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa Fisika baik S1 dan S2, terutama mahasiswa yang mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan Fisika Medis seperti Fisika Radiologi, Fisika Radioterapi, Fisika Radiasi, Proteksi Radiasi. Selain itu, kuliah ini dihadiri oleh Ibu Dian Milvita, M.Si, dosen Fisika Unand yang menekuni bidang Fisika Medis.

 Pembicara kuliah tamu, Fiqi Diyona, S.Si, menyelesaikan S1 di Universitas Andalas, KBK Fisika Medis. Setelah menyelesaikan S1 dia bekerja sebagai Fisikawan Medis di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas. Dengan bekal pengetahuan & pengalaman yang sangat dalam beliau menyajikan materi dengan sangat lugas dan mudah dipahami. Hal ini juga didukung dengan telah adanya mata kuliah yang berhubungan dengan Fisika Medis di Prodi Fisika Unand sehingga sebagian besar peserta kuliah telah memiliki pengetahuan dasar berkenaan materi yang disampaikan. Dalam kuliah tamu ini, Fiqi menceritakan tentang Fisika Medis dan Prospek Fisikawan Medis. Beliau memaparkan tahap-tahap yang harus dilewati untuk menjadi seorang Fisikawan Medis. Dari pemaparan terlihat bahwa bidang Fisika Medis sangat prospektif, karena adanya keharusan dari pemerintah dimana semua rumah sakit yang mempunyai fasilitas radioterapi harus memiliki Fisikawan Medis.

Mata kuliah mengenai Fisika Medis merupakan mata kuliah pilihan di Prodi S1 Fisika Universitas Andalas. Mata kuliah ini sangat disukai mahasiswa yang terlihat dari banyaknya peminat mata kuliah ini setiap semesternya. Dalam menunjang tugas akhir bidang Fisika Medis, Jurusan Fisika Unand telah bekerjasama dengan BATAN dan beberapa rumah sakit. Mulai Semester Ganjil 2019, Fisika Medis akan memiliki KBK sendiri yaitu KBK Biofisika dan Fisika Medis. Hal ini dalam rangka menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan IPTEK dan tuntutan pasar kerja.

Semoga kuliah tamu yang telah dilaksanakan, menambah motivasi mahasiswa untuk semakin mendalami bidang Fisika Medis. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi daerah Sumatera Barat yang merupakan salah satu daerah dengan Jurusan Fisika terbaik di Indonesia. [Mz]

Read 1561 times

Info Penting

Certificate of Webinar "Trik Sukses Menjelajahi Eropa dengan Beasiswa" Click Here
Toggle Bar