HIMAFI Gelar Seminar Nasional Quantum Teleportation

04 November 2018

(Padang-Fisika Unand)-Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) kembali menggelar seminar nasional. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Physics Festival XX tahun 2018. Physics Festival merupakan realisasi dari salah satu proker Departemen Pengabdian Fisika HIMAFI UNAND. Kegiatan ini merupakan agenda wajib tahunan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2002 dengan nama awalnya Lomba Cerdas Tangkas Fisika (LCTF). Physics Festival ini terdiri dari berbagai rangkaian acara seperti seminar nasional, lomba fisika, lomba karya tulis ilmiah, lomba mading, dan acara lainnya yang mengikutsertakan siswa/i dan guru SMP/SMA sederajat, serta mahasiswa dan masyarakat umum se-Indonesia.

Untuk PF XX ini, kegiatan seminar nasional dilaksanakan pada tanggal 4 November 2018 di Plaza Fisika FMIPA Universitas Andalas, yang menghadirkan pakar Fisika Teoritis Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. rer. nat. Hendradi Hardhienata. Pembicara adalah  lulusan S3 dari Johannes Kepler University Linz Austria dalam program studi Fisika Teori . Topik yang dibahas dalam seminar nasional ini adalah Teleportasi (Quantum Teleportation).

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari siswa, mahasiswa, guru, dosen dan masyarakat umum. Tingginya minat peserta kemungkinan salah satunya disebabkan oleh menariknya topik yang dibahas (teleportasi). Teleportasi adalah kemampuan untuk menguraikan atau memindahkan atau mengirimkan objek menjadi atom dari satu tempat ke tempat lain dan menyusunnya kembali tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Quantum Teleportation adalah proses dimana informasi kuantum dapat dipancarkan dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan partikel foton, dengan bantuan komunikasi klasik dan keterlibatan kuantum antara tempat pengirim dan penerima. Hal ini bergantung pada komunikasi klasik, yang prosesnya tidak bisa lebih cepat dari kecepatan cahaya. Dengan kata lain, Quantum Teleportation adalah teknologi terbaru yang berhasil diciptakan untuk memindahkan benda dari suatu tempat ke tempat tujuan yang diinginkan dengan menggunakan foton.

Teleportasi melibatkan dematerialisasi suatu objek pada satu titik, dan mengirim detail konfigurasi atom yang tempat objek ke lokasi lain, di mana ia akan direkonstruksi. Prinsip teleportasi pernah digambarkan pada film Star Trek.

Walaupun sudah berhasil mengirimkan foton dengan jumlah yang banyak ke tempat jauh, namun para peneliti masih akan terus mengembangkan teknologi teleportation ini agar nantinya dapat dipergunakan untuk memindahkan objek yang mempunyai masa besar, seperti contohnya manusia.

Apabila teknologi ini berhasil, maka keberadaan kendaraan bermotor akan terpangkas jauh, karena dapat dipastikan banyak yang akan menggunakan teknologi ini untuk bepergian ke suatu tempat secara cepat tanpa harus terkena kemacetan atau permasalahan jalan raya lainnya. [Mz]

Read 162 times Last modified on Senin, 12 November 2018 22:09

Info Penting

Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Ganjil 2018/2019 1 - 12 Oktober 2018
Toggle Bar