Kepala Lab: Afdal, M.Si

Laboratorium Komputer Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas didirikan pada tahun 2001. Fungsi utama dari Laboratorium Komputer Jurusan Fisika adalah sebagai laboratorium pendidikan (melayani praktikum). Sejak berdirinya, jumlah peralatan yang dimiliki Laboratorium Komputer ini terus bertambah. Demikian juga jumlah modul dan praktikum yang dilayani juga meningkat. Saat ini Laboratorium Komputer memiliki 23 komputer (20 diantaranya terhubung dalam sebuah LAN). Fasilitas lain yang dimiliki adalah jaringan internet free Wi-Fi.

Praktikum yang dilayani di Laboratorium Komputer adalah Praktikum Pemrograman Komputer, Praktikum Fisika Komputasi, dan Pengolahan Data Fisika Eksperimen II. Saat ini ketiga praktikum tersebut sudah dilaksanakan denagn rasio komputer terhadap praktikan adalah 1:1, dimana satu komputer digunakan untuk satu praktikan.

Dalam jangka panjang Laboratorium Komputer akan dikembangkan menjadi tiga divisi/unit, yaitu: Unit Praktikum/ Pendidikan (dengan tugas melayani praktikum mata kuliah yang berhubungan bagi mahasiswa jurusan fisika), Unit Penelitian (Sebagai tempat penelitian dosen dan tugas akhir mahasiswa), dan Unit Pelatihan/Komersil (Unit ini bertugas sebagai income generator bagi laboratorium melalui jasa pelatihan, penjualan produk, dan jasa-jasa profesional lainnya).

Visi, Misi dan Tujuan
a. Visi
Menjadi penyelenggara praktikum dan penelitian komputasi yang berstandar nasional.
b. Misi:
Melaksanakan praktikum, penelitian dan jasa profesional bidang komputasi
c. Tujuan:
– Mengembangkan laboratorium menjadi unit yang kuat, efektif dan efisien.
– Membekali mahasiswa dengan keterampilan pemrograman komputer dan komputasi sebagai bekal untuk menyelesaikan tugas akhir, pendidikan dan juga dalam menghadapi dunia kerja.
– Menghasilkan income bagi laboratorium dari jasa-jasa pelatihan profesional.

Info Penting

Seminar Nasional Fisika 2017 Batas Pendaftaran Abstrak: 28 Agustus 2017
Toggle Bar