Mantap, Tim Fisika Universitas Andalas Juara 2 dan 3 Lomba Fisika Tingkat Nasional di UNP

01 September 2019

Padang (Fisika Unand)-Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Andalas (UNAND)  yang tergabung dalam AYO Team berhasil meraih posisi 2 dan 3 dalam kompetisi Fisika dalam kegiatan LOFI (lomba fisika) 2019 yang digelar oleh Universitas Negeri Padang (UNP). Prestasi tim Fisika UNAND ini dinilai mengagumkan, karena kegiatan ini diikuti oleh finalis ON-MIPA Tingkat Nasional dari  beberapa universitas. 

Dalam LOFI  yang berakhir Minggu (1/09/2019), peringkat satu diraih Universitas Riau atas nama Ramy Fitrah Izzah. Ramy adalah finalis ON-MIPA tingkat nasional tahun 2019. Adapun peringkat dua dan tiga diraih Jurusan Fisika UNAND an. Bunga Aprilia (angkatan 2016)  dan Rahmah Elvira (Angkatan 2017).

Jurusan Fisika berhasil meloloskan 5 mahasiswa ke  babak  final dari total 10 finalis. Selain Bunga dan Rahmah, Tim Jurusan Fisika meloloskan Ikhwan Fikri (Angkatan 2017), Puti Berkah Azura (angkatan 2016) dan Fadilla Monica (angkatan 2016) ke bapak final.

“Walaupun hanya meraih peringkat 2 dan 3, prestasi ini tetap membanggakan karena tim yang lolos ke babak final ini terdiri dari tim junior (mahasiswa angkatan 2017 dan 2016). Mulai tahun ini, Jurusan Fisika tidak lagi mengirimkan Ilham Perdana AT (finalis ON-MIPA tingkat nasional)  untuk mengikuti kompetisi karena yang bersangkutan sedang sibuk dengan kegiatan tugas akhir.  Tentu prestasi ini akan sangat potensial sebagai penerus Ilham dkk.”, demikian kata Dr.techn. Marzuki sebagai Ketua Jurusan Fisika.  LOFI ini adalah salah satu ajang try out menuju ON-MIPA Tingkat Nasional dimana seleksi tingkat universitas biasanya dilaksanakan pada bulan Februari. Karena ini ajang try-out maka semua peserta AYO Team mulai angkatan 2018 sampai angkatan 2016 diminta partisipasinya dalam kegiatan ini. Total kekuatan Tim Jurusan Fisika UNAND adalah 14 orang dengan pendanaan dari Jurusan Fisika (10 orang) dan swadaya mahasiswa (4 orang).  “Untuk mengulang prestasi tahun 2018, dan 2019 dimana Fisika Unand lolos ke babak final tingkat nasional, atau mungkin melampaui capaian ini, AYO Team dengan dukungan penuh semua staff dosen, mesti meningkatkan kegiatan-kegiatan pelatihan. Selain itu, jam terbang mahasiswa harus ditambah sehingga muncul rasa percaya diri yang tinggi menghadapi event-event yang besar seperti ON-MIPA”, kata Dr. Marzuki mengakhiri harapannya.  (Mz, Ln).

Read 170 times

Info Penting

Seminar Evaluasi Tugas Akhir Agustus-September 2019 (13:30 s/d Selesai)
Toggle Bar