Visi, Misi dan Tujuan Jurusan Fisika

Visi Prodi S1 Fisika :

“Menjadi Program Studi Fisika yang Bereputasi di Kawasan ASEAN untuk Kejayaan Bangsa pada tahun 2028”

Misi

Sesuai dengan visi di atas, Program Studi S1 Fisika merumuskan misi yang perlu dipedomani oleh seluruh civitas akademika dalam melakukan aktivitas akademis sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan ilmu fisika yang bereputasi di kawasan ASEAN.
  2. Mengembangkan ilmu fisika melalui penelitian yang bermutu internasional , orisinil, inovatif, teruji, berdaya saing dan berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bermanfaat bagi umat manusia.
  3. Mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia melalui pemanfaatan ilmu dan hasil penelitian fisika kepada masyarakat.

Tujuan

Sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan bersama, tujuan yang ingin dicapai oleh Program S1 Fisika adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkompeten, bermoral baik, berkarakter kuat, berjiwa kepemimpinan, dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan IPTEK dan masalah yang dihadapi masyarakat, sehingga mampu bersaing secara global dalam dunia kerja dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Mengembangkan dan memanfaatkan IPTEK untuk mendukung kemandirian bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengembangan sumberdaya akademik.
  3. Meningkatkan percepatan implementasi hasil penelitian dan transformasi ilmu pengetahuan kepada masyarakat.

Visi Prodi S2 Fisika :

“Menjadi Program Studi S2 Fisika yang bereputasi dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Fisika untuk mendukung inovasi sains, teknologi, dan mitigasi bencana di tingkat nasional pada tahun 2028”

 

Misi

Sesuai dengan visi di atas, Program Studi S2 Fisika merumuskan misi yang perlu dipedomani oleh seluruh civitas akademika dalam melakukan aktivitas akademis sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan Magister Fiska yang berkualitas dan berdaya saing tinggi serta inovatif.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi dalam bidang Fisika untuk mendukung inovasi sains, teknologi, dan mitigasi bencana dalam menunjang pembangunan nasional.
  3. Berperan aktif dalam berbagai kegiatan dalam usaha penerapan dan transformasi berbagai gagasan inovasi sains, teknologi, dan mitigasi bencana untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  4. Melaksanakan kerjasama institusional dengan berbagai lembaga di dalam maupun di luar negeri dalam bidang pendidikan, riset dan penerapannya untuk pengembangan sumberdaya manusia dan alam.

Tujuan

Sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan bersama, tujuan yang ingin dicapai oleh Program S2 Fisika adalah:

  1. Menghasilkan ilmuwan yang memiliki wawasan keilmuan Fisika yang baik, serta memiliki moral dan etika.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam penguasaan, penerapan, dan pengembangan ilmu Fisika yang mampu mendukung inovasi sains, teknologi, dan mitigasi bencana.
  3. Memfasilitasi terciptanya perubahan pada masyarakat yang lebih baik melalui penelitian dan pengabdian yang bertumpu pada pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam lokal sebagai kontribusi bagi pembangunan nasional, terutama dalam bidang energi, sains, teknologi dan mitigasi bencana.
  4. Memberikan pelayanan profesi dalam bidang Fisika guna meningkatkan penguasaan dan pengembangan Ilmu Fisika.

 

Read 485 times

Info Penting

Visitasi Akreditasi Prodi S2 Fisika, 23 s/d 25 Juli 2017 Asesor: Cuk Imawan,Dr (UI) dan Johan Andoyo Effendi Noor,Ph.D (UB)
Toggle Bar