Kelompok Bidang Keahlian (KBK)

Fisika Bumi dan Atmofir

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Bumi dan Atmosfir mempelajari penerapan ilmu fisika dalam gejala kebumian dan pemanfaatannya untuk pemetaan struktur alam dan buatan di bawah permukaan bumi. Gejala kebumian meliputi peristiwa alam yang dapat terjadi di bumi, laut dan atmosfir serta interaksinya terhadap kehidupan manusia. Struktur alam bawah permukiman sangat erat kaitannya dengan kepentingan eksplorasi bahan tambang (minyak, gas dan mineral) serta perencanaan konstruksi sipil. Struktur buatan bawah permukaan dapat dimanfaatkan untuk studi lingkungan maupun arkeologi. Di samping itu, penelitian mengenai variabel fisis di atmosfer dapat dimanfaatkan dalam kajian terhadap cuaca dan iklim terutama dalam hal prediksi dan mitigasi bencana.

Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam Eksplorasi Geofisika (Akuisisi Data, Processing, Analisis dan Interpetasi Data) yang bertumpu pada penguatan aspek Konsep Dasar Geosains, Komputasi Numerik dan Aplikasi langsung di lapangan dalam Eksplorasi Migas, Geothermal, Batubara dan Mineral, serta Meteorologi. Lulusan Peminatan ini memiliki kompetensi di bidang : Geologi, Komputasi Numerik (Matlab, Fortran, dsb), Metoda Geoelektrik dan Elektromagnetik, Metoda Gravitasi, Metoda Geomagnetik, Metoda Seismik, Instrumentasi Geofisika, Eksplorasi Perminyakan, Eksplorasi Geothermal dan Geofisika Pertambangan serta Mitigasi Bencana di Atmosfir.

Dosen: Ardian Putra, M.Si; Arif Budiman, M.Si; Afdal, M.Si; Dwi Puji Astuti, M.Si; Elistia Liza Namigo, M.Si; Dr. techn. Marzuki; Mutya Vonnisa, M.Sc


 Fisika Material

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Material mempelajari bahan oksida dan semikonduktor berbasis silikon, logam, polimer, menyangkut sintesa, karakteristik, teori dan permodalan. Kajian diarahkan untuk mengungkap variabel-variabel aplikasi seperti: sifat listrik, sifat mekanik, korosi dan akustik yang ditujukan untuk mendukung industri.

Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam Identifikasi, Modifikasi, dan Rekayasa Material dengan pengalaman praktis yang handal dan pemahaman konsep dasar sains yang kuat. Bidang kompetensi untuk peminatan ini adalah : Nanoteknologi Material, Fisika Kimia, Material Khusus, dan Rekayasa Material. Selain itu peminatan ini juga memberkan keahlian khusus sesuai dengan bidang minat yang dipilih yaitu : Material Logam, Material Magnetik, Material Komposit, Material Keramik, Material Polimer dan Material Elektronika.

Dosen: Drs. Alimin Mahyudin, M.Si; Astuti, M.Si; Afdhal Muttaqin, M.Si; Dr. Dahyunir Dahlan; Dr. Dwi Puryanti; Dr. Elvaswer; Dr. rer. nat Muldarisnur; Drs. Mora, M.Si; Sri Handani, M.Si; Drs. Sri Mulyadi, M.Si


Fisika Instrumentasi

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) bidang Instrumentasi mempelajari alat-alat instrumentasi dan elektronika serta melakukan analisa, duplikasi, modifikasi serta pengembangan alat-alat yang dapat menunjang fisika secara keilmuan maupun industri.

Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam menganalisis, menduplikasi, memodifikasi, mengembangkan, merancang, melakukan inovasi dan membuat prototype alat-alat Instrumentasi elektronika saintifik dan Industri. Bidang kompetensi lulusan ini adalah : Sensor dan Aplikasi, Pengukuran dan Interfacing, Mikrokontroler, Mikroprosesor, Komputer (Perangkat Keras dan Pemograman), Pengujian Tak Merusak (Non Destructive Testing), Metrologi, Pemrosesan Sinyal Analog dan Digital, Instrumentasi Pengukuran Besaran-besaran Fisika, serta Keahlian khusus sesuai dengan bidang minat (Instrumentasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Instrumentasi Pengukuran, serta Instrumentasi Kendali/Kontrol).

Dosen: Dr. Harmadi, Meqorry Yusfi, M.Si; Nini Firmawati, M.Sc; Drs. Wildian, M.Si, Rahmat Rasyid, M.Si


Fisika Nuklir

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Nuklir bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis serta kompeten dalam bidang Fisika Nuklir serta mampu menganalisis dan memprediksi peristiwa alam di bidang tersebut. Bidang kompetensi lulusan ini adalah: Fisika Reaktor , Pemrograman Komputer, Fisika Radiasi, Radiologi, serta bidang-bidang lain yang terkait.

Dosen: Dian Milvita, M.Si; Dr. Dian Fitriyani; Dr. Imam Taufiq; Dr. Mohamad Ali Shafii; Feriska Handayani Irka, M.Si


Fisika Teori dan Komputasi

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Teori dan Komputasi mempelajari hukum fundamental di alam dan secara spesifik tertarik pada penerapan teori medan kuantum pada fisika partikel dan isu aktual terkait.

Dosen: Dr. Zulfi, M.Si dan dosen lain yang riset memanfaatkan komputasi.

Read 182 times Last modified on Selasa, 28 Maret 2017 21:17