Print this page

4 Orang Mahasiswa Luar UNAND Mengikuti Program PERMATA di Prodi Fisika

27 Desember 2016

Sebanyak 4 orang mahasiswa dari luar Universitas Andalas (UNAND) mengikuti program Permata di Prodi S1 Fisika FMIPA UNAND selama Semester Ganjil 2016/2017. Mahasiswa ini berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB) sebanyak 3 orang dan Universitas Pattimura Ambon sebanyak 1 orang. Selama 4 Bulan di UNAND, mereka mengikuti perkuliahan untuk beberapa mata kuliah yang telah mereka pilih. Selain itu, mereka juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI).

PERMATA “Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara”, merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa di seluruh tanah air untuk mengikuti perkuliahan yang relevan di perguruan tinggi lainnya di seluruh wilayah nusantara. Program ini terdiri dari kegiatan akademik dalam bentuk pemerolehan angka kredit dan pengalihan kredit dan kegiatan non-akademik berupa kegiatan ekstra-kurikuler, termasuk kegitan pemahaman lintas budaya sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Sebagaimana dilaporkan oleh Kemenristekdikti, program PERMATA ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014. Pada awalnya, program ini baru melibatkan 3 universitas yang saling melakukan kegiatan pengalihan angka kredit bagi 33 mahasiswa. Pada tahun 2015 jumlah mahasiswa yang terlibat meningkat menjadi 91 mahasiswa dari 17 perguruan tinggi yang terlibat, baik universitas umum, LPTK maupun politeknik. Dari pengalaman pelaksanaan program PERMATA telah diperoleh hasil yang baik terkait dengan pencapaian tujuan program sehingga program terus dilanjutkan.

Dipilihnya Prodi S1 Fisika UNAND sebagai target dari Program PERMATA, menandakan semakin diakuinya kualitas perkuliahan Prodi S1 Fisika UNAND oleh pihak luar. Pengakuan ini juga terlihat dengan diperolehnya akreditasi A dari BAN-PT. Sebelum kedatangan mahasiswa PERMATA, 2 orang mahasiswa  Universitas Ibaraki, Jepang, telah mengikuti kegiatan student exchange di Jurusan Fisika. Semoga peningktan kepercayaan publik terus meningkat sebagai wujud peningkatan kualitas program studi. [Mz]

 

Read 1209 times