Print this page

IKAFI Dukung Kegiatan PF XX 2018

(Padang-Fisika Unand)- Jangan tanyakan apa yang negara berikan padamu tetapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan pada negara. Ungkapan ini setidaknya mampu menggambarkan para Alumni Fisika FMIPA Universitas Andalas (Unand)  yang tergabung dalam Ikatan Alumni Fisika (IKAFI) Unand.

Setelah meninggalkan almamater, bukan berarti hubungan Alumni  Fisika dengan pihak kampus terputus. Selalu ada kegiatan dan program khusus yang dilakukan oleh para Alumni dalam mendukung kegiatan kampus.

Setelah sebelumnya sukses dengan program beasiswa untuk 3 orang mahasiswa Fisika, IKAFI kembali meberikan dukungan untuk kegiatan kampus terutama yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI). Kali ini, IKAFI memberikan dukungan terhadap kegiatan Phyiscs Festival (PF) XX tahun 2018. “Untuk tahap awal ini telah diserahkan bantuan sebanyak Rp. 5.593.000”, kata Bendahara Umum IKAFI Atria Liyustari. Penyerahan bantuan secara simbolis telah dilakukan pada tanggal 10 November 2018, oleh Perwakilan IKAFI (Reny Fitria) ke Ketua PF XX (Nando Saputra).

Physics Festival merupakan realisasi dari salah satu proker Departemen Pengabdian Fisika HIMAFI UNAND. Kegiatan ini merupakan agenda wajib tahunan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2002 dengan nama awalnya Lomba Cerdas Tangkas Fisika (LCTF). Physics Festival ini terdiri dari berbagai rangkaian acara seperti lomba fisika, lomba karya tulis ilmiah, lomba mading, seminar dan acara lainnya yang mengikutsertakan siswa/i dan guru SMP/SMA sederajat, serta mahasiswa dan masyarakat umum se-Indonesia.

Untuk PF XX ini, setidaknya telah terdaftar sekitar 593 peserta yang akan mengikuti Lomba/Olimpiade Fisika. Untuk lomba lain seperti LCTF, dan lain-lain, jumlah peserta baru akan diketahui pada 11 November, mengingat lomba-lomba ini baru akan dilaksanakan mulai hari Minggu (11/11). Dukungan luar biasa dari IKAFI dan ditambah antusiasme peserta yang tinggi, semoga semakin menyemarakkan “alek gadang” HIMAFI ini, dalam rangka membumikan ilmu Fisika di di negeri tercinta ini. [Mz].

Read 1196 times Last modified on Sabtu, 10 November 2018 11:15