Print this page

Alhamdulillah, 2 Mahasiswa Fisika UNAND Lolos ke Babak Final KNMIPA PT 2021 Tingkat Nasional

05 Juli 2021

Padang (Fisika Unand) – Alhamdulillah, Zahara Zettira dan Zahwa Vieny Adha mahasiswa Prodi S1 Fisika Universitas Andalas (UNAND) lolos sebagai finalis Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA PT) Tahun 2021 Tingkat Nasional untuk Bidang Fisika. Zahara dan Zahwa menyisihkan lawan-lawannya dalam seleksi tingkat wilayah (Tahap II) yang dilaksanakan secara online pada 23-24 Juni 2021.

“Alhamdulillah tahun ini kita meloloskan dua mahasiswa. Terima kasih atas kerja samanya. Berhubung sekarang sudah menginjakkan kaki di level Nasional, setidaknya minimal kita targetkan bawa pulang medali” kata Trengginas Eka Putra, M.Si yang menjabat sebagai Ketua Pelatih Training Center KN-MIPA Bidang Fisika.  

KNMIPA yang dulunya bernama ON-MIPA adalah bagian dari usaha pemerintah dalam pemberdayaan mahasiswa dalam penguasaan ilmu dasar dan Matematika yang tujuan akhirnya untuk mendorong daya saing bangsa. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) dengan bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi  sejak tahun 2009. Saat ini, KNMIPA dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Lomba dilakukan dalam tiga tahap yaitu Tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 5 mahasiswa terbaik masing-masing bidang, Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 65 mahasiswa terbaik, dan Tahap III di tingkat nasional. Seleksi Tahap II dilaksanakan di 14 (empat belas) Kopertis wilayah/regional secara serentak. UNAND tergabung dalam Koperties Wilayah X yang terdiri dari Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau (Kepri), dan Jambi. Adapun KNMIPA Tingkat Nasional direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal  30 Juli 2021.

Menyambut seleksi tahap-III (tingkat nasional), bidang kemahasiswaan Jurusan Fisika kembali akan melaksanakan kegiatan pembinaan, yang dikoordinir oleh Bidang Kemahasiswaan Fakulta MIPA dan Universitas Andalas. Kegiatan pembinaan juga bekerjasama dengan kelompok pencinta Fisika yaitu AYO-TEAM Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI). Tim ini dibina oleh Dr. rer.nat Muldarisnur (Elektrodinamika), Dr. techn. Marzuki (Termodinamika & Fisika Statistik), Trengginas Eka Putra, M.Si (Fisika Modern & Kuantum), dan Rico Adrial, M.Si, Dr. Imam Taufik (Mekanika).

Mari kita dukung dan do’akan, semoga wakil Fisika UNAND dapat berprestasi maksimal pada KN-MIPA PT tingkat Nasional 2021! Fisika Unand BISA !!! (Mz)

Read 419 times Last modified on Senin, 05 Juli 2021 11:02