Kepala Lab: Dian Milvita, M.Si

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Nuklir ditunjang oleh Laboratorium Fisika Nuklir. Labor ini didukung oleh berbagai peralatan seperti: Komputer (PC) untuk penelitian komputasi nuklir, dosimeter Digital Aloka PDM 122 dan dosimeter Digital Aloka PDM 127 untuk penelitian di bidang Fisika Medis. Kegiatan penelitian bidang fisika  nuklir banyak bekerjasama dengan Batan, RSP. Pertamina, RSU. Djamil, dan instansi lainnya.

Kepala Lab: Astuti, M.Si

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Material ditunjang oleh Laboratorium Fisika Material. Labor ini ditunjang oleh berbagai peralatan seperti: Magnetic Stirrer, LCR Meter, Triple Output DC Power Supply, Precision Balance, Oven (Furnace), Komputer (PC), Digital Multimeter Sanwa CD 800a, Gelas Beaker, Wireless Access Point (TP-LINK). Selain itu, KBK ini ditopang oleh peralatan yang terdapat di Laboratrium lain di Universitas Andalas seperti: AAS ( Atom Absortion Spectrofotometer ), Spektrofotometer UV-VIS Genesys 20 (Labor Sentral), Scanning Electron Microscope (Teknik Mesin).

Kepala Lab: Afdhal Muttaqin , M.Si

Laboratorium Fisika Lanjut merupakan laboratorium pendidikan yang melaksanakan praktikum Fisika Eksperimen-I dan II (sebagian). Labor ini didukung oleh beberapa peralatan seperti: Pasco Scientific Workshop 750 Interface, h/e Apparatus (photoelectric effects), Spectrophotometer (Atomic Spectra), Gieger Muller Counter, Rotary Motion Sensor, High Sensitivity Light Sensor, Sound Sensor, Spectrum Tube Power Supply Model SP200V, Lampu Hg, Komputer (PC), Lock-In Amplifier, Optical Chopper, Synthesized Function Generator, Dual Tarce Oscilloscope, Laser Helium Neon, Mikroskop, Resistor Variable, Milikan Oil Drop Apparatus, Radioactive Source, Torsion Balance, Osiloskop, Lampu Mercury, Lampu Natrium, Galvanometer, Digital Geiger Counter.

Kepala Lab: Afdal, M.Si

Laboratorium Komputer Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas didirikan pada tahun 2001. Fungsi utama dari Laboratorium Komputer Jurusan Fisika adalah sebagai laboratorium pendidikan (melayani praktikum). Sejak berdirinya, jumlah peralatan yang dimiliki Laboratorium Komputer ini terus bertambah. Demikian juga jumlah modul dan praktikum yang dilayani juga meningkat. Saat ini Laboratorium Komputer memiliki 23 komputer (20 diantaranya terhubung dalam sebuah LAN). Fasilitas lain yang dimiliki adalah jaringan internet free Wi-Fi.

Praktikum yang dilayani di Laboratorium Komputer adalah Praktikum Pemrograman Komputer, Praktikum Fisika Komputasi, dan Pengolahan Data Fisika Eksperimen II. Saat ini ketiga praktikum tersebut sudah dilaksanakan denagn rasio komputer terhadap praktikan adalah 1:1, dimana satu komputer digunakan untuk satu praktikan.

Dalam jangka panjang Laboratorium Komputer akan dikembangkan menjadi tiga divisi/unit, yaitu: Unit Praktikum/ Pendidikan (dengan tugas melayani praktikum mata kuliah yang berhubungan bagi mahasiswa jurusan fisika), Unit Penelitian (Sebagai tempat penelitian dosen dan tugas akhir mahasiswa), dan Unit Pelatihan/Komersil (Unit ini bertugas sebagai income generator bagi laboratorium melalui jasa pelatihan, penjualan produk, dan jasa-jasa profesional lainnya).

Visi, Misi dan Tujuan
a. Visi
Menjadi penyelenggara praktikum dan penelitian komputasi yang berstandar nasional.
b. Misi:
Melaksanakan praktikum, penelitian dan jasa profesional bidang komputasi
c. Tujuan:
– Mengembangkan laboratorium menjadi unit yang kuat, efektif dan efisien.
– Membekali mahasiswa dengan keterampilan pemrograman komputer dan komputasi sebagai bekal untuk menyelesaikan tugas akhir, pendidikan dan juga dalam menghadapi dunia kerja.
– Menghasilkan income bagi laboratorium dari jasa-jasa pelatihan profesional.

Kepala Lab: Wildian, M.Si

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Instrumentasi ditunjang oleh Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi. Labor ini ditunjang oleh berbagai peralatan seperti: Osiloskop, Sinyal Generator, Komputer, Curve Tracer, Pressure Meter + Transducer, Voltage Current Calibrator, Microcontroler Trainir Kit + CD.

Kepala Lab: Arif Budiman, M.Si

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Bumi ditunjang oleh Laboratorium Fisika Bumi. Labor ini ditunjang oleh berbagai peralatan seperti: Resistivity Meter (Geolistrik), MS2 Bartington Susceptibility Meter with dual frequencies, MS2B sensor, Komputer (PC), Seismograf + VSAT (Kerjasama dengan BMKG), Parsivel (Kerjasama dengan Univ. Kyoto), Komputer (PC), GPS Garmin GPS 60 12 channel, Digital Conductivity Meter, Lutron CD-4303, Digital Humidity Meter, Lutron HT-3006 HA, Multimeter Digital dengan termokopel, Digital Anemo Meter (Lutron AM-4206), Altimeter (Suunto E203 Black), Pressure Meter (Lutron PS 9302), Pressure Transducer (Lutron Ps100-50BAR), Moisture Meter (Lutron MS-7003), Digital Humidity / Temperature Meter (TES 1360A), Digital Multimeter (Sanwa CD 800a), Aki Kering 12 Volt, Wireless Modem Router (TP-LINK TD-W8961ND), Stop Watch Digital, Termometer, Telescope Model No. 9TE-5. Untuk penelitian kegempaan, data-data gempa didapatkan dari BMKG dan USGS. Equatorial Atmosphere Radar (EAR) dan seluruh data yang ada di pusat pengamatan EAR di Kototabang, didapatkan melalui kerjasama dengan Universitas Kyoto (RISH) dan LAPAN. Selain data ini, penelitian atmosfir juga ditopang oleh pengamatan yang dilakukan oleh JMA, JAXA, NASA, NOAA, JAMSTEC dan BMKG.

Info Penting

Visitasi Akreditasi Prodi S2 Fisika, 23 s/d 25 Juli 2017 Asesor: Cuk Imawan,Dr (UI) dan Johan Andoyo Effendi Noor,Ph.D (UB)
Toggle Bar