Items filtered by date: Rabu, 22 Februari 2017
22 Februari 2017 In Kerjasama

UNAND telah menjalin banyak kerjasama dan kemitraan penelitian dengan Perguruan Tinggi luar negeri seperti dengan Gifu University, Deakin University, Shinsu University, Okayama University, Universiti Selangor Malaysia, Ibaraki University, Shimane University, Osaka City University, Kyoto University dan lain sebagainya. Jurusan Fisika telah memanfaatkan kerjasama ini dalam berbagai bentuk kegiatan seperti visiting scientist, beastudi, kerjasama riset dan joint seminar.

Kemitraan dengan universitas dalam negeri dilaksanakan dalam joint seminar dengan jurusan-jurusan Fisika yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS-PTN B). Kerjasama dengan instansi non Perguruan Tinggi juga telah dijalin seperti dengan Badan Meteorologi Klimatolagi (BMKG) dan Geofisika, Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional (LAPAN), PT Supreme Energy Muara Laboh, dan lain-lain. Sebagai bagian kerjasama, banyak mahasiswa PS Fisika yang melaksanakan penelitian tugas akhir pada instansi ini (lihat tabel di bawah).

NO

INSTANSI

TAHUN

TOTAL

2012/2013

2013/2014

2014/2015

1

BATAN

0

9

2

11

2

GAW

0

1

0

1

3

LAPAN, Koto Tabang

0

0

2

2

4

Pertamina EP, Jakarta

1

1

0

2

5

Pertamina Jawa Barat

0

0

1

1

6

RSUP Dr. M. Djamil

4

0

1

5

7

RSPP Jakarta

0

4

2

6

8

UKM, Malaysia

0

1

0

1

9

Baristand Ulu Gadut

2

0

0

2

10

Lab. Beton, PT. Semen Padang

0

0

1

1

11

Lab. Sentral Pengukuran Kimia

0

2

0

2

12

Lab. Air Teknik

0

1

0

1

13

Metrologi PNP

0

2

0

2

14

Dll

5

10

9

24

Beberapa peralatan penelitian juga telah terpasang dalam bingkai kerjasama tersebut seperti Peringatan Dini Tsunami dengan BMKG dan alat pengukur butiran hujan (Parsivel) dengan Dr. Hiroyuki Hashiguchi dari Research Institute for Sustainable Humanosphere, Universitas Kyoto Jepang. Kerjasama yang baik dengan Universitas Kyoto juga telah terjalin dalam bentuk kerjasama riset dalam pemanfaatan data atmosfir yang dikumpulkan oleh stasiun Equatorial Atmosfir Radar (EAR) yang berada di Balai Pengamatan Atmosfir, Koto Tabang (dikelola oleh LAPAN). 

Gambar 1: Alat Pemantau Gempa Bumi bekerjasama dengan BMKG. Gambar 2: Parsivel di atap jurusan bekerjasama dengan RISH, U. Kyoto.
Gambar 3: Kuliah tamu dengan tim dari PT Supreme Energy Muara Laboh.   Gambar 4: Kuliah lapangan ke LAPAN, Koto Tabang

 

22 Februari 2017 In Beasiswa

Ikatan Alumni Fisika (IKAFI) Universitas Andalas menyediahkan bantuan pendidikan (beasiswa) bagi mahasiswa Fisika. Syarat penerima beasiswa IKAFI adalah:

  1. Aktif dalam kepengurusan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) dan atau sebagai anggota HIMAFI, dibuktikan dengan surat keterangan dari HIMAFI.
  2. Mahasiswa dengan kondisi ekonomi kurang mampu, dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang.
  3. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Besaran bantuan beasiswa adalah Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) dan diserahkan secara bertahap sebanyak 4 (empat) kali.

Berikut adalah nama-nama penerima beasiswa IKAFI:

Tahun No. No. BP Nama
2019 1 1810442014 Alivfia Daswita
  2 1810441012 Deora Murza Oktora
  3 1810442044 Geby Sri Ayu Oktavia
2018 1 1610443007 Yoci Darwita Putri
  2 1610442016 Olivia Puspita Anggreini
  3 1610441021 Muhammad Iqbal
2017 1 1510442017 Husna Dhia (1x pembayaran)
  2 1510442015 Lukita Sari Ikhsan (3x pembayaran)-pengganti
22 Februari 2017 In Kelompok Riset

Fisika Bumi dan Atmofir

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Bumi dan Atmosfir mempelajari penerapan ilmu fisika dalam gejala kebumian dan pemanfaatannya untuk pemetaan struktur alam dan buatan di bawah permukaan bumi. Gejala kebumian meliputi peristiwa alam yang dapat terjadi di bumi, laut dan atmosfir serta interaksinya terhadap kehidupan manusia. Struktur alam bawah permukiman sangat erat kaitannya dengan kepentingan eksplorasi bahan tambang (minyak, gas dan mineral) serta perencanaan konstruksi sipil. Struktur buatan bawah permukaan dapat dimanfaatkan untuk studi lingkungan maupun arkeologi. Di samping itu, penelitian mengenai variabel fisis di atmosfer dapat dimanfaatkan dalam kajian terhadap cuaca dan iklim terutama dalam hal prediksi dan mitigasi bencana.

Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam Eksplorasi Geofisika (Akuisisi Data, Processing, Analisis dan Interpetasi Data) yang bertumpu pada penguatan aspek Konsep Dasar Geosains, Komputasi Numerik dan Aplikasi langsung di lapangan dalam Eksplorasi Migas, Geothermal, Batubara dan Mineral, serta Meteorologi. Lulusan Peminatan ini memiliki kompetensi di bidang : Geologi, Komputasi Numerik (Matlab, Fortran, dsb), Metoda Geoelektrik dan Elektromagnetik, Metoda Gravitasi, Metoda Geomagnetik, Metoda Seismik, Instrumentasi Geofisika, Eksplorasi Perminyakan, Eksplorasi Geothermal dan Geofisika Pertambangan serta Mitigasi Bencana di Atmosfir.

Dosen: Ardian Putra, M.Si; Arif Budiman, M.Si; Afdal, M.Si; Dwi Puji Astuti, M.Si; Elistia Liza Namigo, M.Si; Dr. techn. Marzuki; Mutya Vonnisa, M.Sc


 Fisika Material

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Material mempelajari bahan oksida dan semikonduktor berbasis silikon, logam, polimer, menyangkut sintesa, karakteristik, teori dan permodalan. Kajian diarahkan untuk mengungkap variabel-variabel aplikasi seperti: sifat listrik, sifat mekanik, korosi dan akustik yang ditujukan untuk mendukung industri.

Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam Identifikasi, Modifikasi, dan Rekayasa Material dengan pengalaman praktis yang handal dan pemahaman konsep dasar sains yang kuat. Bidang kompetensi untuk peminatan ini adalah : Nanoteknologi Material, Fisika Kimia, Material Khusus, dan Rekayasa Material. Selain itu peminatan ini juga memberkan keahlian khusus sesuai dengan bidang minat yang dipilih yaitu : Material Logam, Material Magnetik, Material Komposit, Material Keramik, Material Polimer dan Material Elektronika.

Dosen: Drs. Alimin Mahyudin, M.Si; Astuti, M.Si; Afdhal Muttaqin, M.Si; Dr. Dahyunir Dahlan; Dr. Dwi Puryanti; Dr. Elvaswer; Dr. rer. nat Muldarisnur; Drs. Mora, M.Si; Sri Handani, M.Si; Drs. Sri Mulyadi, M.Si


Fisika Instrumentasi

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) bidang Instrumentasi mempelajari alat-alat instrumentasi dan elektronika serta melakukan analisa, duplikasi, modifikasi serta pengembangan alat-alat yang dapat menunjang fisika secara keilmuan maupun industri.

Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam menganalisis, menduplikasi, memodifikasi, mengembangkan, merancang, melakukan inovasi dan membuat prototype alat-alat Instrumentasi elektronika saintifik dan Industri. Bidang kompetensi lulusan ini adalah : Sensor dan Aplikasi, Pengukuran dan Interfacing, Mikrokontroler, Mikroprosesor, Komputer (Perangkat Keras dan Pemograman), Pengujian Tak Merusak (Non Destructive Testing), Metrologi, Pemrosesan Sinyal Analog dan Digital, Instrumentasi Pengukuran Besaran-besaran Fisika, serta Keahlian khusus sesuai dengan bidang minat (Instrumentasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Instrumentasi Pengukuran, serta Instrumentasi Kendali/Kontrol).

Dosen: Dr. Harmadi, Meqorry Yusfi, M.Si; Nini Firmawati, M.Sc; Drs. Wildian, M.Si, Rahmat Rasyid, M.Si


Fisika Nuklir

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Nuklir bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis serta kompeten dalam bidang Fisika Nuklir serta mampu menganalisis dan memprediksi peristiwa alam di bidang tersebut. Bidang kompetensi lulusan ini adalah: Fisika Reaktor , Pemrograman Komputer, Fisika Radiasi, Radiologi, serta bidang-bidang lain yang terkait.

Dosen: Dian Milvita, M.Si; Dr. Dian Fitriyani; Dr. Imam Taufiq; Dr. Mohamad Ali Shafii; Feriska Handayani Irka, M.Si


Fisika Teori dan Komputasi

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fisika Teori dan Komputasi mempelajari hukum fundamental di alam dan secara spesifik tertarik pada penerapan teori medan kuantum pada fisika partikel dan isu aktual terkait.

Dosen: Dr. Zulfi, M.Si dan dosen lain yang riset memanfaatkan komputasi.

Info Penting

Certificate of Webinar "Trik Sukses Menjelajahi Eropa dengan Beasiswa" Click Here
Toggle Bar