Proposal Mahasiswa Fisika yang Menang PKM Tahun 2017 Naik 250%

09 Maret 2017

Padang (Fisika Unand)-Naik signifikan. Dua kata itu yang pantas untuk melukiskan kabar gembira bahwa 7  tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Jurusan Fisika Universitas Andalas (UNAND)  dari 109 makalah mahasiswa UNAND  yang didanai Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tahun 2017.  Hal ini sebagaimana yang tertuang pada SK Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2017 dari Direktorat Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan  No. 547/B3.1/KM/2017.

Tim dari Jurusan Fisika yang berhasil memenangkan pendanaan tahun 2017 ini masing-masing diketuai oleh Resti Nanda Sari, Elvira Mardhatillah, Zeflianto Rhomar, Abdi Rasyid Hakim, Ovandriyove, Fadli Nauval dan Muhammad Rizki. Dengan prestasi ini, maka terjadi “loncatan besar” kegiatan PKM di tingkat Jurusan Fisika sekitar 250% dari tahun sebelumnya. Di tahun 2016, hanya 2 tim Jurusan Fisika yang lulus untuk didanai.

Keberhasilan dalam meningkatkan tim PKM Fisika yang lulus untuk didanai  merupakan dukungan dan kerjasama dari tim gabungan Jurusan Fisika, dosen yang tergabung dalam tim pembimbing, mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI).  Soliditas tim ini bertujuan untuk mengharumkan nama Jurusan Fisika dalam kompetisi ilmiah mahasiswa tahunan terbesar di Indonesia ini. Selain soliditas tim, sejak awal 2014 (sejak diterapkannya kurikulum baru Fisika) Prodi S1 Fisika melaksanakan satu perkuliahan yang khusus untuk melatih kemampuan menulis mahasiswa yaitu Komunikasi Ilmiah (KI). Salah satu luaran proyek MK ini adalah proposal PKM. Selain itu, kegiatan  lokakarya dengan menghadirkan nara sumber kawakan untuk memberikan materi-materi menarik yang berkaitan dengan kreativitas juga dilakukan.

Semoga mahasiswa Fisika belum berpuas diri, sebab target utama dari PKM adalah PIMNAS. Terkait persiapan menuju PIMNAS, tim yang PKMnya didanai akan dilakukan pendampingan khusus sehingga penelitian berjalan dengan maksimal dengan hasil yang gemilang. Jika ada tim Fisika yang lolos ke PIMANS maka akan  dilakukan pembekalan khusus (dikarantina). Mahasiswa akan mendapat pembinaan intensif  dari narasumber yang berkompeten, terutama mengenai pembuatan poster, Power Point, dan lain sebagainya.

Jayalah mahasiswa Fisika, lukislah sejarah hidupmu melalui kegiatan PKM ! (Mz)

Read 520 times Last modified on Kamis, 09 Maret 2017 22:12

Info Penting

Seminar Nasional Fisika 2017 Batas Pendaftaran Abstrak: 28 Agustus 2017
Toggle Bar