Tim Fisika Unand Sapu Bersih Medali di Olimpiade Fisika Tingkat Sumatera

27 Oktober 2018

(Padang-Fisika Unand) Universitas Bengkulu kembali melaksanakan Olimpiade Fisika Tingkat Mahasiswa (OFM) se-Sumatera pada tahun 2018. Kegiatan yang ditutup pada tanggal 26 Oktober, digawangi oleh Hidup Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Fisika FKIP KBM Universitas Bengkulu. Kegiatan ini dalam rangkaian acara Pekan Orientasi Ilmiah Fisika XXI Plus 2018 bertemakan: "Improving Creativity and Capability Physics Science The Best Critical Thingking and Competence Generation of Physics Through POIF XXI Plus 2018". Dalam lomba ini Jurusan Fisika Unand melalui kelompok pencinta sains Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) yang tergabung dalam AYO Team mengirimkan 3 orang delegasi yaitu Bunga Aprilia,  Fadilla Monica, Puti Berkah Azurah.

Jurusan Fisika Unand kembali memperlihatkan dominasinya dengan meraih Juara Umum, dimana  Bunga Aprilia meraih medali emas (juara 1), Fadilla Monica meraih medali perak  (juara 2) dan  Puti Berkah Azurah meraih medali perunggu  (juara3). Prestasi ini meningkat dari tahun 2017, dimana Tim Fisika Unand hanya meraih 2 medali (emas dan perak). Dengan raihan ini, Tim Fisika Unand meraih juara umum dalam ajang lomba ini.

Hasil ini tentu sangat mengembirakan bagi Jurusan Fisika Unand. Ada beberapa hal yang membanggakan dari capaian ini sebagaimana disampaikan oleh Bapak Dr. Techn. Marzuki selaku Ketua Jurusan. “Pertama, dari awal keikutsertaan dalam lomba ini, Jurusan meminta Ayo Team untuk mengirimkan “pemain pelapis” untuk lomba-lomba yang sifatnya tingkat wilayah/regional. Hal ini dalam rangka kaderisasi dan meningkatkan mental bertanding pemain-pemain junior ini. Kedua,  dengan juaranya “pemain pelapis” ini, maka Jurusan punya bibit-bibit baru untuk menggantikan “pemain utama” dalam Olimpiade Fisika seperti Ilham Perdana AT (angaktan 2015) yang sudah memasuki massa tugas akhir.. Ketiga, Tim pelapis ini baru saja meraih juara umum dalam ajang olimpiade Fisika se-Sumatera Barat di IAIN Batu Sangkar dan Alhamdulillah mereka juga bisa berprestasi pada lomba tingkat regional (se-Sumatera)”, ulasan Bapak Marzuki.

Prestasi ini barulah tahap awal dalam meniti karir di bidang Fisika. Lomba-lomba seperti ON-MIPA Tingkat Nasional sudah di depan mata, dimana seleksi dilaksanakan pada Maret 2019. “Untuk mengulang prestasi tahun 2018 dimana Fisika Unand lolos ke babak final tingkat nasional, atau melampaui capaian ini, AYO Team dengan dukungan penuh semua staff dosen, mesti meningkatkan kegiatan-kegiatan pelatihan”, kata Bapak Marzuki mengakhiri harapannya (Ln).

Read 283 times Last modified on Sabtu, 27 Oktober 2018 13:09

Info Penting

Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Ganjil 2018/2019 1 - 12 Oktober 2018
Toggle Bar