Ilham Perdana AT dan Aldo Novaznursyah Costrada Mengikuti Program Student Exchange ke Jepang

21 Oktober 2018

(Padang-Fisika Unand) Sebanyak 2 orang mahasiswa Program Sarjana (S1) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas mengikuti program pertukaran mahasiswa (Student Exchange)  ke  Jepang selama satu bulan. Program ini berlangsung dari tanggal 10 Oktober-7 November 2018. Universitas yang mereka kunjungi adalah Universitas Ibaraki.  Ketua Jurusan Fisika, Dr. techn. Marzuki  mengucapkan selamat dan memberi apresiasi kepada mahasiswa yang telah terpilih untuk mengikuti program student exchange ke Negara Matahari Terbit tersebut. Menurutnya, dengan mengikuti program ini akan menambah pengetahuan dan pengalaman serta wawasan mahasiswa tentang dunia internasional.

“Pertukaran mahasiswa ke Universitas Ibaraki sudah berlangsung dari tahun 2014, tahun ini merupakan angkatan kelima,”katanya.  Keberangkatan 2 mahasiswa ini telah dilakukan pelepasannya secara resmi oleh WD 1 FMIPA Prof. Safni di Ruang Seminar FMIPA pada tanggal 9 Oktober 2018, bersama-sama dengan 1 mahasiswa dari Jurusan Biologi dan 1 mahasiswa dari Jurusan Matematika.

"Program pertukaran mahasiswa ini adalah program rutin Jurusan Fisika sebagai wujud appresiasi jurusan terhadap mahasiswa yang berprestasi. Sejak kegiatan ini dilaksanakan, selain ke Ibaraki University, mahasiswa Fisika telah mengikuti program student exchange ke Kyoto University, Okayama University dan University of Leicester (UK),"tambahnya. Ilham Perdana AT dan Aldo Novaznursyah Costrada adalah mahasiswa berprestasi I dan II tingkat Jurusan Fisika tahun 2018. Selain itu, Ilham Perdana AT telah meraih banyak prestasi pada berbagai perlombaan Fisika.

Berdasarkan laporan Ilham Perdana AT dari Jepang (21/10), selama di Universitas Ibaraki  mereka sudah dipertemukan dengan 2 orang professor sebagai calon pembimbing yaitu Prof. Takahiro Fukui dan Prof. Sato. “Kami diberi kebebasan untuk memilih calon pembimbing”, tambahnya via pesan singkat.  Rencananya mereka akan bersama Prof Sato yang merupakan Fisikawan teoritis di Universitas Ibaraki. Selain kegiatan perkuliahan dan seminar, selama dia Jepang mereka akan mengikuti kegiatan seni dan budaya serta scientific trip ke berbagai pusat riset dan taman-taman sains seperti water science park.

Dr. techn. Marzuki berharap semoga mahasiswa yang berangkat mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat serta dapat dibagikan kepada teman-teman yang lain saat kembali ke kampus guna memberikan motivasi kepada mereka agar mengikuti program yang sama. Selain itu, “semoga mereka memegang teguh nilai-nilai budaya  sebab saat kita berada di negara lain kita tidak membawa nama universitas saja tetapi juga membawa nama negara kita sendiri,”ujarnya. [Mz]

Read 215 times Last modified on Minggu, 21 Oktober 2018 21:12

Info Penting

Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Ganjil 2018/2019 1 - 12 Oktober 2018
Toggle Bar