17 Proposal PKM Mahasiswa Fisika Lolos Didanai Kemenristekdikti

03 April 2018

Padang (Fisika Unand)-Alhamdulillah, prestasi gemilang kembali diperlihatkan mahasiswa Jurusan Fisika dalam bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dari 114 proposal mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) yang didanai Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tahun 2018, 17  tim berasal dari Jurusan Fisika.  Hal ini sebagaimana yang tertuang pada SK Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2018 dari Direktorat Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan  No. 1020/B3.1/KM/2018.

Tim dari Jurusan Fisika yang berhasil memenangkan pendanaan tahun 2018 ini masing-masing diketuai oleh Andre Rizki Naldi, Joni Parhan, Syafitri, Hudya Fitra Hasmin, Zullinira Dwi Utami, Mona Vadila, Yulita, Ingka Amelia, Febriati Nanda, Fikri Firmansyah, Ikhsan, Rahmad Rinanda, Reni Asnita, Rahmah Khairati Maiza, Rahmi Nanda Pertiwi, Yusrina Meydiyati, dan Melia Rosa (lihat lampiran artikel ini). Dengan prestasi ini, maka terjadi “loncatan sangat besar” kegiatan PKM di tingkat Jurusan Fisika. Di tahun 2016, hanya 2 tim Jurusan Fisika yang lolos untuk didanai dan di tahun 2017 terjadi peningkatan menjadi 7 proposal. Dengan demikian, pada tahun 2018, ada peningkatan sebanyak 10 proposal yang didanai.

Keberhasilan dalam meningkatkan jumlah tim PKM Fisika yang lolos untuk didanai  merupakan buah dari dukungan dan kerjasama dari pengelola jurusan,  reviewer internal, dosen pembimbing, mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI).  Soliditas tim ini bertujuan untuk mengharumkan nama Jurusan Fisika dalam kompetisi ilmiah mahasiswa tahunan terbesar di Indonesia ini. Selain soliditas tim, sejak awal 2014 (sejak diterapkannya kurikulum baru Fisika) Prodi S1 Fisika melaksanakan satu perkuliahan yang khusus untuk melatih kemampuan menulis mahasiswa yaitu Komunikasi Ilmiah (KI). Salah satu luaran proyek MK ini adalah proposal PKM. Selain itu, kegiatan  lokakarya dengan menghadirkan nara sumber kawakan untuk memberikan materi-materi menarik yang berkaitan dengan kreativitas juga dilakukan.

Menurut Panduan Akademik FMIPA tahun 2017 dan panduan tugas akhir Jurusan Fisika, bagi ketua PKM yang proposalnya lolos didanai, maka dia tidak perlu lagi mengikuti ujian proposal penelitian (TA-I)  karena nilai TA-I otomatis menjadi A sebagai reward atas prestasinya. Bagi yang telah ujian TA-I dan nilainya tidak A, maka nilai TA-I akan diperbaiki menjadi A. Semua ini hanya berlaku jika Proposal PKM tersebut menjadi penelitian TA mahasiswa yang bersangkutan. Penghargaan dalam bentuk nilai ini diharapkan dapat mempercepat massa studi mahasiswa. 

Semoga mahasiswa Fisika belum berpuas diri, sebab target utama dari PKM adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Terkait persiapan menuju PIMNAS, tim yang PKMnya didanai akan dilakukan pendampingan khusus sehingga penelitian berjalan dengan maksimal dengan hasil yang gemilang. Jika ada tim Fisika yang lolos ke PIMANS maka akan  dilakukan pembekalan khusus (dikarantina). Mahasiswa akan mendapat pembinaan intensif  dari narasumber yang berkompeten, terutama mengenai pembuatan poster, Power Point, dan lain sebagainya. Pada tahun 2017, Jurusan Fisika meloloskan satu tim ke PIMNAS yang dilaksanakan di Makasar.

Jayalah mahasiswa Fisika, lukislah sejarah hidupmu melalui kegiatan PKM ! (Mz)

Read 962 times Last modified on Selasa, 03 April 2018 21:54

Info Penting

Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Ganjil 2018/2019 1 - 12 Oktober 2018
Toggle Bar