7 Mahasiswa Fisika Bersaing Pada Lomba ON MIPA Tingkat Wilayah

23 Maret 2017

Padang (Fisika Unand) - Sebanyak 7 orang mahasiswa Prodi S1 Fisika Universitas Andalas (UNAND) mengikuti Lomba Olimpiade Nasional Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Tingkat Wilayah (Tahap II) yang dilaksanakan pada 21-24 Maret 2017 di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Mereka adalah M. Siddiq Ilyas Lubis (Fis 2014), Fitria Khairunnisa (Fis 2013), Melanz Hasan (Fis 2014), Ilham Perdana AT (Fis 2015), Oqelly Wahyudi (Fis 2013), Wanda Feri Rizki (Fis 2014), Ahmad Ripa'i (Fis 2015). Fisikawan muda ini merupakan bagian dari Tim UNAND yang terdiri dari 28 orang mahasiswa.

Sebagaimana disampaikan oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas di website kemahasiswaaan: “28 orang mahasiswa ini merupakan mahasiswa terbaik dari hasil seleksi yang telah dilaksanakan di tingkat Unand. Untuk seleksi tingkat Unand sendiri telah dilaksanakan seleksi 2 tahap yaitu tahap I pada Sabtu 18 Februari 2017 terpilih sebanyak 56 orang mahasiswa. 56 orang mahasiswa tersebut kemudian bersaing kembali mengikuti seleksi tahap II yang dilaksanakan pada Sabtu 4 Maret 2017 dan terpilihlah 28 orang mahasiswa yang mewakili Unand di tingkat wilayah di 4 bidang perlombaan yaitu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Masing-masing bidang 7 peserta sesuai dengan aturan Kemenristekdikti” ucap Wakil Rektor III Universitas Andalas, Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc saat pelepasan delegasi Unand pada Lomba ON MIPA tingkat Wilayah Selasa (21/3) di depan Gedung PKM Unand Kampus Limau Manis. Lebih lanjut ia mengatakan Unand telah mengupayakan persiapan yang maksimal dengan melakukan bimbingan seperti try out, bagaimana teknik mengerjakan soal serta motivasi bersama dosen yang berkompeten dibidangnya. Untuk Fisika, tim ini telah dibina oleh Dr. rer.nat Muldarisnur (Fisika Kuantum), Arif Budiman, M.Si (Mekanika), Elistia Liza Namigo, M.Si (Elektromagnetik). Dalam perlombaan Tingkat Wilayah (Tahap II) di Pekanbaru, dari Jurusan Fisika diwakili oleh Arif Budiman, M.Si.

Sementara itu, Rektor Unand, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat akademis. Basic Science memang perlu dikembangkan beberapa literatur mengatakan teknologi suatu bangsa itu ditopang oleh sains yang kuat. Karena sains dan teknologi tidak bisa dipisahkan. Lahirnya teknologi-teknologi yang canggih dinegara maju didukung oleh sains yang kuat terutama ilmu-llmu seperti matematika, kimia, biologi dan fisika.

Untuk itu Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti telah mengadakan Olimpiade Nasional Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) ini setiap tahun guna mencari masiswa-mahasiwa berkualitas di bidang sains. Rektor berharap delegasi Unand yang berlomba dapat menang ditingkat wilayah dan mewakili Unand di tingkat nasional.

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II direncanakan tanggal 6 April di website Belmawa dan via Surat. Seleksi Tahap III (Tingkat Nasional) akan dilaksanakan tanggal 14-18 Mei 2017 dan akan diikuti oleh maksimal 64 mahasiswa setiap bidangnya yang terdiri atas:
a. Juara I dan II hasil seleksi Tahap II ON MIPA-PT tingkat wilayah;
b. Peserta terbaik dari PTS di masing-masing wilayah;
c. Juara II dan III OSN-Pertamina Kategori Teori tahun 2016;
d. Mahasiswa peraih nilai tertinggi seleksi Tahap II (selain butir a) secara keseluruhan untuk
memenuhi kuota maksimal.

Pada Tahap III ini akan ditentukan 20 peserta terbaik per-bidang dengan pengelompokan:
a. tiga peraih medali emas;
b. lima medali perak;
c. tujuh medali perunggu; dan
d. lima honorable mention.

Semoga mahasiswa Fisika bisa meraih prestasi terbaik. [Mz]

 

Read 202 times Last modified on Rabu, 29 Maret 2017 08:53

Info Penting

Visitasi Akreditasi Prodi S2 Fisika, 23 s/d 25 Juli 2017 Asesor: Cuk Imawan,Dr (UI) dan Johan Andoyo Effendi Noor,Ph.D (UB)
Toggle Bar