02 April 2019

Padang (Fisika Unand)-Alhamdulillah, prestasi gemilang kembali diperlihatkan mahasiswa Jurusan Fisika dalam bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dari 78 proposal mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) yang didanai Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tahun 2019, 14  tim berasal dari Jurusan Fisika.  Hal ini sebagaimana yang tertuang pada SK Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2019 dari Direktorat Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

21 Februari 2019

Padang (Fisika Unand)-Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Andalas (UNAND)  yang tergabung dalam AYO Team berhasil meraih posisi 3 dalam kompetisi Fisika dalam kegiatan MIPA EXPO XIII Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Pekanbaru Riau. Prestasi tim Fisika UNAND ini dinilai mengagumkan, karena kegiatan ini diikuti oleh universitas-universitas terbaik nasional seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Brawijaya.

Dalam MIPA EXPO XIII  yang berakhir Kamis (21/02/2019), peringkat satu diraih Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan peringkat dua diraih Universitas Riau.  Adapun peringkat tiga yang diraih Jurusan Fisika UNAND adalah atas nama Ilham Perdana AT (yang di gambar). Nilai total yang diraih Ilham adalah 54 terpaut 1,5 dari peringkat 2.

Jurusan Fisika berhasil meloloskan 9 mahasiswa ke Babak semifinal dan 6 mahasiswa Fisika berhasil lolos ke babak final dari total 10 finalis. Selain Ilham Perdana AT yang meraih Juara 3, Tim Jurusan Fisika juga meraih prestasi yang sangat baik yaitu Putih Berkah Azurah (peringkat 4), Bunga Aprilia (peringkat  7), Rahmah Elvira (peringkat 8), Fadila Monica (peringkat  9) dan Ahmad Ripai (peringkat 10)

“Walaupun hanya meraih peringkat 3, prestasi ini tetap membanggakan karena tim yang lolos ke babak final ini terdiri dari tim junior (mahasiswa angkatan 2017 dan 2016) dan senior (angkatan 2015). Tentu ini akan sangat potensial sebagai penerus Ilham dkk.”, demikian kata Dr. rer. nat Muldarisnur sebagai Ketua Pelatih AYO Team.  MIPA EXPO XIII ini adalah salah satu ajang try out menjelang ON-MIPA Tingkat Nasional dimana seleksi tingkat universitas dilaksanakan pada 24 Februari 2019. “Untuk mengulang prestasi tahun 2018 dimana Fisika Unand lolos ke babak final tingkat nasional, atau mungkin melampaui capaian ini, AYO Team dengan dukungan penuh semua staff dosen, mesti meningkatkan kegiatan-kegiatan pelatihan”, kata Dr. rer. nat Muldarisnur mengakhiri harapannya (Mz, Ln).

09 Februari 2019

Padang (Fisika Unand)-Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Jurusan Fisika Tahun 2019 telah selesai dilaksanakan dan Puti Berkah Azurah (1610442021) terpilih menjadi yang terbaik. Pada seleksi tingkat Jurusan ini , Puti menyisihkan 7 kandidat lain, yaitu Bunga Aprilia (Juara 2), Vira Friska (Juara 3) serta 4 finalis lain yaitu Shania Ellens Novit, Ikhwan Fikri Maulidan, Yesi Veronica dan Disgie Ulfika Loveanda. Hal yang dinilai dalam seleksi Pilmapres ini adalah: IPK (20%), Presentasi Karangan Ilmiah (30%), Prestasi (25%) dan Kemampuan Bahasa Asing (25%). Setiap finalis memiliki kelebihan masing-masing misalnya untuk IPK tertinggi dimiliki oleh Bunga Aprilia yaitu 3.85, kemampuan Bahasa Inggris terbaik diraih oleh Puti Berkah Azurah dengan skor 25.9 dan prestasi serta karya ilmiah terbaik dimiliki oleh Bunga Aprilia.

27 Oktober 2018

(Padang-Fisika Unand) Universitas Bengkulu kembali melaksanakan Olimpiade Fisika Tingkat Mahasiswa (OFM) se-Sumatera pada tahun 2018. Kegiatan yang ditutup pada tanggal 26 Oktober, digawangi oleh Hidup Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Fisika FKIP KBM Universitas Bengkulu. Kegiatan ini dalam rangkaian acara Pekan Orientasi Ilmiah Fisika XXI Plus 2018 bertemakan: "Improving Creativity and Capability Physics Science The Best Critical Thingking and Competence Generation of Physics Through POIF XXI Plus 2018". Dalam lomba ini Jurusan Fisika Unand melalui kelompok pencinta sains Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) yang tergabung dalam AYO Team mengirimkan 3 orang delegasi yaitu Bunga Aprilia,  Fadilla Monica, Puti Berkah Azurah.

21 Oktober 2018

(Padang-Fisika Unand) Sebanyak 2 orang mahasiswa Program Sarjana (S1) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas mengikuti program pertukaran mahasiswa (Student Exchange)  ke  Jepang selama satu bulan. Program ini berlangsung dari tanggal 10 Oktober-7 November 2018. Universitas yang mereka kunjungi adalah Universitas Ibaraki.  Ketua Jurusan Fisika, Dr. techn. Marzuki  mengucapkan selamat dan memberi apresiasi kepada mahasiswa yang telah terpilih untuk mengikuti program student exchange ke Negara Matahari Terbit tersebut. Menurutnya, dengan mengikuti program ini akan menambah pengetahuan dan pengalaman serta wawasan mahasiswa tentang dunia internasional.

Halaman 1 dari 3

Info Penting

Seminar Evaluasi Tugas Akhir Januari-April 2019 (13:30 s/d Selesai)
Toggle Bar