Mengawali Tahun Ajaran 2019/2020 Jurusan Fisika Melaksanakan Workshop RPS

07 Agustus 2019

(Padang-Fisika Unand)-Bertempat di Ruang Seminar Jurusan Fisika UNAND , pada hari Rabu 7 Agustus 2019, Jurusan Fisika UNAND melaksanakan workshop penyusunan dan penyempurnaan RPS (Rencana Pembelajaran Semester).  Dr. techn. Marzuki  selaku Ketua Jurusan memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut didampingi oleh Sekjur, Kaprodi S1, dan Kaprodi S2.

Kegiatan Workshop RPS ini adalah kegiatan rutin dari Jurusan Fisika sebelum mengawali tahun ajaran. Hal ini dalam rangka penyempurnaan dan pemutahiran (update) RPS berdasarkan evaluasi perkuliahan pada semester/tahun sebelumnya yang dilakukan oleh tim Gugus Kendali Mutu (GKM) dan media umpan balik lainnya baik dari alumni maupun pengguna. Selain itu, workshop RPS ini sebagai tindak lanjut rekonstruksi Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) yang telah dilakukan oleh Jurusan Fisika. Kurikulum berbasis OBE merupakan komitmen nasional agar sistem pendidikan di Indonesia lebih maju.  Workshop ini juga terkait dengan  instrument akreditasi program studi (IAPS 4.0) yang diluncurkan BAN PT dan diberlakukan mulai bulan April 2019, dimana terdapat pergeseran paradigma dari instrument akreditasi yang sebelumnya yaitu berorientasi input-proses-output menjadi orientasi outcome. Oleh karena itu acara ini sangat terkait dengan persiapan penyusunan dokumen IAPS 4.0 yang mempunyai 9 kriteria agar dapat mempertahankan nilai akreditasi A pada Prodi S1 Fisika yang akan berakhir 2021. Selain itu, Prodi S1 Fisika akan mengikuti sertfikasi AUN-QA pada Maret 2020.

Kegiatan Workshop yang berlangsung sekitar 6 jam dimoderatori oleh Dr. techn. Marzuki.   Materi  dari wokshop adalah (i) format dan isi RPS sesuai standar DIKTI dan AUN-QA, (ii) finaliasi sebaran ELO Prodi  untuk Semua MK, (iii) penentuan bentuk dan metode  pembelajaran setiap MK,  (iv) penentuan metode asesmen setiap MK dan  (v) pembahasan materi/pokok bahasan (terutama lintas MK). Kegiatan  pertama dilaksanakan dalam bentuk pleno yang membahas contoh RPS. Contoh RPS telah disusun oleh Elistia Liza Namigo, M.Si sebagai tim AUN-QA yang telah mengikuti pelatihan di Thailand. Dalam sesi ini juga dibahas tentang  model-model SCL.  Kegiatan yang lain dilaksanakan dalam format small group discussion baik di Kelompok Bidang Keahlian (KBK) maupun team teaching yang dipimpin oleh masing-masing Kepala Laboratoirum (Koordinator KBK) dan Koordinator Team Teaching.

Acara workshop selesai pukul 15.30 dan ditutup oleh  Dr. techn. Marzuki  selaku Ketua Jurusan Fisika dengan harapan Bapak dan Ibu dosen menindaklanjuti kegiatan hari ini dalam rangka finalisasi RPS sesuai format yang sudah ditetapkan.  Kegiatan workshop ini akan dilanjutkan dengan pelatihan Blended Learning menggunakan aplikasi i-learning UNAND dalam rangka membantu dosen yang sudah memilih sistem blended learning di dalam RPS mata kuliah mereka. Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2019. (Mz)

Read 175 times

Info Penting

Seminar Evaluasi Tugas Akhir Agustus-September 2019 (13:30 s/d Selesai)
Toggle Bar