Kuliah Tamu oleh Prof. Flatau Piotr dari University of California San Diego

02 Mei 2018

Padang (Fisika Unand)- Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas sukses menggelar kuliah tamu dengan mendatangkan guest lecturer  Prof. Flatau Piotr dari University of California San Diego,  Amerika Serikat,  Rabu, 2 Mei 2018. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Seminar Jurusan Fisika  dihadiri mahasiswa Program Sarjana dan Pascasarjana beserta  beberapa orang dosen.

Dalam perkuliahan yang berjudul “Nimbostratus uncinus cloud observed by a very high resolution radar”,  Prof. Piotr menyampaikan tentang cloud physics.  Beliau menceritakan tentang  sebuah radar  Doppler yang  sangat unik yang digunakan untuk menemukan struktur awan  baru yang berhubungan dengan  melting layer di atmosfir. Awan ini disebut dengan awan  nimbostratus uncinus.

Prof. Piotr juga menjelaskan tentang kegiatan penelitian yang disebut dengan  Equatorial Line Experiment. Kegiatan ini merupakan bagian dari pada kegiatan Year of Maritime Continent (YMC).  YMC adalah kegiatan penelitian lintas negara yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai cuaca dan iklim di benua maritime. Kegiatan  ini mendapat dukungan Kementerian Koordinator Kemaritiman, World Meteorological Organization (WMO) dan World Climate Change Research Program (WCRP). Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua tahun dari Juli 2017 sampai dengan Juli 2019.  Kunjungan Prof. Piotr ke Indonesia juga dalam rangka persiapan pengamatan sebagai bagian dari kegiatan YMC.

Prof. Piotr berafiliasi dengan Climate, Atmospheric Science & Physical Oceanography, Scripps Institution of Oceanography, UC San Diego. Spesifikasi keahlian beliau adalah Atmospheric Aerosols and ChemistryClimate SciencesCloud Physics dan Boundary Layer Processes. Dalam kunjungan ke Jurusan Fisika, Prof. Piotr mengutarakan ketertarikannya untuk bekerjasama dengan Dr. techn. Marzuki yang juga meneliti tentang Fisika Atmosfir. Dalam waktu dekat, direncanakan akan dilakukan pemasangan beberapa instrumen di Universitas Andalas.

Kuliah Tamu yang berlangsung selama dua jam tersebut, berakhir pukul 11.00 WIB [Mz].

 

Read 279 times

Info Penting

Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Ganjil 2018/2019 1 - 12 Oktober 2018
Toggle Bar