Workshop Pemantapan & Singkronisasi RPS Jurusan Fisika 2018

11 Januari 2018

Padang (Fisika Unand)- Pada Rabu dan Kamis (10-11 Januari 2018) Jurusan Fisika Universitas Andalas menyelenggarakan acara Workshop Pemantapan dan Singkronisasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang bertempat di Ruang Seminar Jurusan Fisika. Kegiatan ini dimulai pukul 8.00-16.00 WIB dan dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik Jurusan Fisika. Acara workshop di hari pertama dengan pokok bahasan Pemantapan dan Singkronisasi RPS Mata Kuliah Wajib  mencakup penjelasan materi perkuliahan semua mata kuliah dan hubungannya dengan mata kuliah yang lain. Selain itu, keberlanjutan materi perkuliahan dengan MK di atasnya baik di program sarjana dan program pascasarjana juga dibahas. Beberapa materi MK yang tumpangtindih dipindahkan/dikonsentrasikan ke MK kuliah lain dimana materi itu paling dominan. Dengan workshop ini, diketahui mana materi yang perlu ditambah karena diperlukan oleh MK yang lain. Selain itu, materi MK juga dikurangi pada suatu mata kuliah jika materi itu sudah diberikan oleh MK kuliah lain. Namun, setiap MK bisa saja memberikan materi tersebut tetapi sifatnya review singkat saja.

Pada hari kedua, kegiatan workshop adalah Pemantapan dan Singkronisasi RPS Mata Kuliah Pilihan. Pembahasan ini dilakukan perkelompok/perkomisi sesuai dengan Kelompok Bidang Keahlian (KBK), yaitu KBK Fisika Bumi; Elektronika dan Instrumentasi; Material; Fisika Nuklir, Komputasi dan Umum.

Workshop RPS ini adalah bukti komitmen Jurusan Fisika untuk melakukan perbaikan yang berkelanjutan, terutama berkenaan dengan persiapan, proses, dan isi perkuliahan. Jurusan Fisika telah melakukan banyak perbaikan diantaranya: (1) penerapan materi kuliah yang sama untuk semua kelas parallel, (2) penerapan soal ujian yang sama untuk semua kelas parallel, (3) evaluasi perkuliahan secara kontinu, dan lain sebagainya. Dengan perbaikan-perbaikan ini semoga Jurusan Fisika bisa memberikan pendidikan yang terbaik kepada semua mahasiswa. [Ln, Mz]  

Read 46 times

Info Penting

Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Ganjil 2018/2018 4-15 Desember 2017
Toggle Bar