Dr. techn. Marzuki Kembali Pimpin Fisika Unand Periode 2017-2021

17 September 2017

Padang (Fisika – Unand)-Rabu, 13 September 2017 menjadi hari penting bagi Jurusan Fisika Universitas Andalas dengan terpilihnya Ketua Jurusan (Kajur) Fisika Universitas Andalas (Unand) yang baru. Dr. techn. Marzuki kembali diberi amanah untuk yang kedua kalinya, sebagai kajur untuk periode 2017-2021. Berbeda dengan pemilihan kajur sebelumnya, kali ini pemilihan kajur dilakukan tanpa melalui proses voting, tetapi secara musyawarah untuk mupakat. Pemilihan dilakukan di Ruang Seminar Fisika dengan dihadiri semua dosen dan perwakilan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI).

Pemilihan Kajur Fisika diawali dengan penjaringan balon Kajur oleh Dosen yang dilaksanakan dari 31 Agustus – 06 September 2017, dan berhasil menjaring 4 orang balon yaitu Dr. Harmadi, Dr. Dian Fitriyani, Dr.rer. nat Muldarisnur dan Dr. techn. Marzuki. Setiap balon kemudian diberikan lembar kesediaan sebagai calon Kajur dan harus mengembalikannya ke panitia paling lambat tanggal 12 September 2017 Pukul 12:00 WIB. Hingga batas akhir waktu pengembalian lembar kesediaan, hanya Dr. techn. Marzuki yang bersedia menjadi calon Kajur Fisika.

Walaupun pemilihan Kajur Fisika periode 2017-2021 diikuti oleh satu orang calon, tetapi proses pemilihan tetap dilaksanakan sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan. Pada tahap awal, Dr. techn. Marzuki diminta menyampaikan visi pengembangan Jurusan Fisika untuk 4 tahun ke depan. Di awal pemaparannya, Dr. techn. Marzuki mengatakan bahwa sangat berat untuk menerima posisi kajur untuk periode kedua ini. Alasan pertama, Jurusan Fisika Unand yang saat ini sudah baik harus menjadi lebih baik lagi dengan mulai menggunakan standar mutu pendidikan yang lebih tinggi misalnya AUN-QA, tidak hanya BAN PT. Namun, disatu sisi kita dihadapkan pada keterbatasan SDM dosen dan tenaga kependidikan serta dana. Alasan kedua, kesibukan yang banyak menjadikan posisi sebagai kajur takutnya tidak bisa optimal. Selain kesibukan penelitian, Dr. techn. Marzuki adalah reviewer nasional program penelitian Kemenristekdikti dan asesor akreditasi BAN-PT. Di akhir pengantarnya, Dr. Marzuki menyatakan alasan kesediaanya menerima posisi kajur yaitu karena tidak ada balon yang bersedia dan harapan agar amanah sebagai kajur ini menjadi ladang amal baginya.

Pemaparan visi berlangsung tidak kurang dari 30 menit dengan judul “Menjadikan Jurusan Fisika Unand Menjadi Lembaga Pendidikan dan Penelitian di Bidang Fisika yang Unggul di Tingkat Nasional dan Memiliki Reputasi Internasional”. Target capaian Jurusan Fisika 2017-2021 untuk bidang pendidikan adalah peningkatan mutu pendidikan dan penelitian dengan uaran pada tahun 2021 adalah (1) Program studi unggul, (2) Publikasi terindek scopus meningkat, (3) Prodi tersertifikasi AUN-QA (untuk S1) dan terakreditasi A untuk S2, (4) Fasilitas laboratorium yang lebih baik.Untuk tata kelola targetnya adalah good department governance dengan luaran tahun 2021 adalah terjadinya peningkatan (1) Tingkat kepuasan stakeholders terhadap layanan kegiatan tridharma PT dan (2) Tingkat kepuasan stakeholders terhadap layanan administrasi, komunikasi,  informasi, keuangan dan kepegawaian. Terakhir beliau memaparkan target dalam bidang kemahasiswaan yaitu prestasi dan reputasi tingkat nasional dengan luaran pada tahun 2021 adalah peningkatan prestasi mahasiswa di bidang bakat, minat dan nalar di tingkat nasional. Setelah pemaparan visi dilakukan diskusi dan tanya jawab. Di akhir pemaparannya, Dr. techn. Marzuki menegaskan “untuk mencapai semua hal ini diperlukan kerjasama dengan semua pihak dan semoga Allah selalu menyatukan hati-hati kita untuk memajukan jurusan ini”.

Sebelum dilakukan pemilihan, calon kajur diminta meninggalkan ruangan seminar dalam beberapa menit, memberikan waktu kepada dosen untuk berdiskusi dan menyusun masukan-masukan bagi kajur yang terpilih. Setelah itu, barulah dilakukan pemilihan. Arif Budiman M.Si selaku ketua pemilihan menegaskan bahwa dosen Fisika Unand dengan secara aklamasi dan musyawarah-mupakat telah memilih Dr. techn. Marzuki selaku Kajur Periode 2017-2021. Beliau juga menyampaikan terdapat beberapa masukan bagi kajur yang terpilih, yang akan disampaikan setelah acara pemilihan.

Setelah pemilihan kajur, dilakukan pemilihan Ketua Program Studi (Kaprodi) S2. Sesuai dengan STATUTA Universitas Andalas bahwa Kaprodi S2 dipilih oleh dosen-dosen yang memenuhi syarat untuk mengajar di Program S2, yaitu harus berkualifikasi S3. Total dosen Fisika Unand yang bergelar S3 adalah 10 orang. Di luar kajur yang terpilih terdapat 8 calon karena Dr. techn Marzuki telah memilih Dr. rer. nat Muldarisnur sebagai Sekretaris Jurusan. Dalam pemilihan yang dilakukan melalui musyawarah dan mupakat, maka Dr. Dian Fitriyani diberikan amanah sebagai Kaprodi S2 Fisika Unand untuk periode 2017-2021.

Berikut adalah pengelolah Jurusan Fisika Unand periode 2017 – 2021:

  • Ketua Jurusan: Dr. techn. Marzuki
  • Sekretaris Jurusan: Dr. rer. nat Muldarisnur
  • Ketua Program Studi S1: Mutya Vonnisa, M.Sc.
  • Ketua Program Studi S2: Dr. Dian Fitriyani.

Semoga Jurusan Fisika Unand semakin lebih baik, dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat untuk kejayaan bangsa.

 

Read 199 times

Info Penting

Olimpiade Fisika Antar Mahasiswa Tingkat Nasional 2017 18-20 Oktober 2017
Toggle Bar