Jurusan Fisika UNAND dan BAPETEN Lakukan Diskusi Teknik Kajian Neutronik Reaktor Kartini

30 Agustus 2017

Padang (Fisika-Unand)-Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) RI kembali melakukan kunjungan ke Jurusan Fisika Universitas Andalas (Unand). Kunjungan ini adalah yang kedua kali dalam tahun ini, setelah kunjungan pertama tanggal 26 April 2017 dalam rangka kajian tentang Penyusunan Laporan Analisis Keselamatan (LAK) Reaktor Daya. Kunjungan kedua ini dalam rangka diskusi teknik Hasil Kajian Neutronik Reaktor Kartini sebagai persiapan perpanjangan izin reaktor tersebut. Tim dari BAPETEN diketuai oleh Dr. Djoko Hari Nugroho yang merupakan kepala pusat (Kapus) Pusat Pengkajian Sistem Teknologi Pengawasan lnstalasi dan Bahan Nuklir (P2STPIBN). Selain itu, hadir juga Dr. Azizul Khakim, Dra. Liliana Yetta Pandi, Akhmad Khusyairi, M.Eng, Arif Isnaeni, M.Sc, Dr. Diah Hidayanti Sukarno dan Hidayati Amar, MT.

Jurusan Fisika UNAND merupakan salah satu Jurusan Fisika di Indonesia dengan SDM bidang nuklir terbaik. Jurusan didukung oleh tiga staf bergelar doktor dan dua staf bergelar master yaitu Dian Milvita, M.Si; Dr. Dian Fitriyani; Dr. Imam Taufiq; Dr. Mohamad Ali Shafii dan Feriska Handayani Irka, M.Si. Untuk kajian Reaktor Kartini ini, Jurusan Fisika diwakili oleh Dr. Mohammad Ali Shafii, M.Si dan dihadiri oleh Dr. techn. Marzuki selaku Ketua Jurusan Fisika Unand.

Reaktor Nuklir Kartini adalah sebuah reaktor nuklir kecil (reaktor riset) berkapasitas 250 kW yang berlokasi di Depok, Sleman, Yogyakarta. Reaktor ini adalah reaktor nuklir kedua milik indonesia setelah reaktor di Bandung. Reaktor jenis Triga Mark II ini diresmikan pada tahun 1979 dan sampai saat ini masih berstatus operasi. Semua reaktor nuklir di Indonesia dioperasikan oleh BATAN.

Diskusi teknis Hasil Kajian Neutronik Reaktor Kartini adalah kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Pusat Pengkajian Sistem Teknologi Pengawasan lnstalasi dan Bahan Nuklir (P2STPIBN) dalam rangka perpanjangan izin reaktor tersebut. Diskusi yang dilaksanakan adalah diskusi Pemodelan Reaktor Kartini menggunakan SCALE.  Diskusi dilaksanakan selama satu hari tanggal 30 Agustus 2017. Dipercayanya kembali Jurusan Fisika UNAND oleh BAPETEN menandakan meningkatnya kepercayaan pengguna terhadap kualitas Jurusan Fisika UNAND. Semoga kerjasama ini akan semakin baik, dalam sinergisitas membangun riset dan applikasi nuklir nasional. (Mz)

Read 124 times

Info Penting

Seminar Nasional Fisika 2017 Batas Pendaftaran Abstrak: 28 Agustus 2017
Toggle Bar