Visitasi Akreditasi Prodi S2 Fisika 2017

29 Juli 2017

(Padang-Fisika Unand) -Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi program studi Magister Fisika Universitas Andalas. Dr. Cuk Imawan dari UI Jakarta dan Dr. Johan Andoyo Effendi Noor dari UB Malang disambut baik oleh pihak Fakultas MIPA dan Jurusan Fisika. Proses visitasi ini adalah yang kedua dilakukan sejak Program Studi Fisika mendapatkan ijin operasional pada tahun 2008.

Saat ini program studi Magister Fisika memperoleh akreditasi C, dan telah menghasilkan alumni sebanyak 44 orang. Semua alumni langsung terserap di dunia kerja baik sebagai dosen pada perguruan tinggi swasta dan negeri maupun di bidang yang lain. Tingginya kebutuhan dosen pada bidang Fisika dan terbatasnya program studi sejenis merupakan tantangan tersendiri bagi Prodi Magister Fisika Unand untuk mengingkatkan kualitas.

Saat Visitasi Akreditas digelar, semua bahan yang dibutuhkan tim Asesor BAN PT seperti Borang, Standar 1 hingga 7 serta beberapa lampiran yang menjadi kebutuhan visitasi akreditasi berlangsung, sudah disiapkan dengan baik oleh panitia penyusun borang yang diketuai oleh Dr. Dahyunir Dahlan. Suasana visitasi yang penuh kekeluargaan melahirkan diskusi konstruktif bagi pengembangan Prodi. Pengelolaan Prodi Magister di UI dan UB yang lebih mapan, dapat menjadi model bagi Prodi Magister Fisika Unand dalam mewujudkan visinya "Menjadi Program Studi S2 Fisika yang bereputasi dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Fisika untuk mendukung inovasi sains, teknologi, dan mitigasi bencana di tingkat nasional pada tahun 2028".

Dari pelaksanaan visitasi akreditasi ini, seluruh civitas akademika Jurusan Fisika, khusunya Program Magister berharap semoga visitasi akreditasi kali ini mendapatkan hasil yang terbaik. Dr. Techn. Marzuki selaku Ketua Jurusan Fisika selepas acara visitasi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, baik dosen, karyawan, mahasiswa maupun stakeholder, sehingga visitasi ini dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Dukungan luar biasa memang sangat terlihat selama visitasi ini. Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI), Ikatan Alumni Fisika (IKAFI), mahasiswa program magister, dan pengguna saling bahu membahu demi suksesnya kegiatan visitasi. Semoga Jurusan Fisika dan seluruh Prodi yang ada dibawahnya menjadi lebih baik dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat untuk kejayaan bangsa. (Ln)

Read 158 times

Info Penting

Physics Festival XIX 28-30 Oktober 2017
Toggle Bar