22 September 2019

(Padang-Fisika Unand). Computational Fluid Dynamics (CFD) merupakan metode penghitungan, memprediksi, dan pendekatan aliran fluida secara numerik dengan bantuan komputer. Aliran fluida dalam kehidupan nyata memiliki banyak sekali jenis dan karakteristik tertentu yang begitu kompleks, CFD melakukan pendekatan dengan metode numerasi serta menggunakan persamaan-persamaan fluida.  CFD merupakan metode penghitungan dengan sebuah kontrol dimensi, luas dan volume dengan memanfaatkan bantuan komputasi komputer untuk melakukan perhitungan pada tiap-tiap elemen pembaginya. Prinsipnya adalah suatu ruang yang berisi fluida yang akan dilakukan penghitungan dibagi-bagi menjadi beberapa bagian, hal ini sering disebut dengan sel dan prosesnya dinamakan meshing. Bagian-bagian yang terbagi tersebut merupakan sebuah kontrol penghitungan yang akan dilakukan oleh aplikasi atau software. Kontrol-kontrol penghitungan ini beserta kontrol-kontrol penghitungan lainnya merupakan pembagian ruang yang disebutkan tadi atau meshing. Nantinya, pada setiap titik kontrol penghitungan akan dilakukan penghitungan oleh aplikasi dengan batasan domain dan boundary condition yang telah ditentukan. Prinsip inilah yang banyak dipakai pada proses penghitungan dengan menggunakan bantuan komputasi komputer.

01 September 2019

(Padang-Fisika Unand). Salah satu pelayanan medik spesialis penunjang di rumah sakit ialah radiologi. Radiologi ini memanfaatkan sinar X untuk keperluan diagnosis baik radiologi diagnostik maupun radiologi intervensional.  Sinar X merupakan jenis radiasi pengion yang dapat memberikan manfaat dan juga dapat merusak atau merubah sel-sel dan jaringan bahkan kematian. Interaksi sinar radiasi dengan sel-sel tubuh manusia akan menyebabkan terjadinya berbagai reaksi kimia. Hal ini dikenal dengan efek somatik/non somatik dan efek  genetik/stokastik. Apabila jumlah energi radiasi yang diserap atau diterima (dosis) melebihi dosis ambang (Threshold Limit Value) dapat terjadi efek deteminisik. Pada tingkat yang lebih rendah radiasi dapat menyebabkan mucositis.

28 Agustus 2019

(Padang-Fisika Unand)- Pemanfaatan tenaga nuklir ibarat dua sisi pisau, di satu sisi memberikan nilai manfaat yang sangat besar, di sisi lain dapat menimbulkan bahaya radiasi. Agar aspek bahaya tidak terjadi, maka jaminan keselamatan dalam pemanfaatan tenaga nuklir mutlak harus dilakukan.  Untuk meningkatkan pengetahuan mahasiwa Fisika Unand tentang keselamatan reaktor nuklir, Jurusan Fisika mengadakan kegiatan kuliah tamu dengan pembicara dari Pusat Teknologi dan Keselamatan reaktor Nuklir (PTKRN)  Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), yaitu Dr. Mulya Juarsa, S.Si., MESc. Kegiatan kuliah tamu dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2019 di Ruang Seminar Fisika Unand. Kuliah diikuti oleh mahasiswa Fisika dari KBK Fisika Nuklir & Teoritis dan KBK Biofisika & Fisika Medis.

Info Penting

Seminar Evaluasi Tugas Akhir Agustus-September 2019 (13:30 s/d Selesai)
Toggle Bar