Jurusan Fisika dan HIMAFI Menggelar Kegiatan AMT untuk Mahasiswa Angkatan 2016

11 Maret 2017

(Padang-Fisika Unand) - Motivasi mempunyai peranan yang strategis dalam aktivitas seseorang baik mahasiswa, karyawan, atau siapa saja. Tidak ada seorang pun yang belajar dan bekerja tanpa motivasi. Bagi mahasiswa, motivasi sangat dibutuhkan dalam mengembangkan diri mereka. Kegiatan perkuliahan di kelas tidak akan memadai bagi mahasiswa untuk persiapan memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, diperlukan motivasi untuk mengembangkan diri baik melalui kegiatan intra kurikuler maupun ekstra kurikuler. Kemampuan mengembangkan diri yang baik bisa mengantarkan mahasiswa pada berbagai prestasi di bidang PKM/PIMNAS, Olimpiade Sains, dan lain sebagainya. Dalam dunia kerja, motivasi sangat dibutuhkan oleh para karyawan dalam hubungannya dengan pengembangan karir dan prestasi. Para karyawan diharapkan dapat mengenali bentuk-bentuk motivasi, menyadari pentingnya motivasi berprestasi dalam kehidupan pribadi maupun kerja, mengenali potensi diri dan cara-cara mengembangkan diri sendiri, mampu memahami arti penting komunikasi, mampu menyusun dan mengembangkan tujuan individu dalam kaitannya dengan kehidupan pribadi maupun perusahaan, mampu menerapkan motivasi berprestasi dalam hubungan kerja yang mendukung kemajuan pribadi dan perusahaan.

Agar peranan motivasi lebih optimal, maka Jurusan Fisika bersama-sama dengan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) menyelenggarakan kegiatan Achievement Motivation Training (AMT), selama dua hari (11-12 Maret 2017). AMT adalah sebuah program pelatihan untuk pengembangan diri khususnya dalam hal peningkatan motivasi berprestasi pesertanya. Jadi yang dikembangkan oleh AMT adalah motivasi berprestasi-nya. Tujuan AMT ini bukan menilai kepribadian pesertanya, akan tetapi untuk membantu mengembangkan motif berprestasi pesertanya. Motif prestasi yang dikembangkan oleh AMT adalah suatu dorongan dalam diri seseorang yang membuatnya mencari kepuasan melalui usaha pencapaian yang bersifat prestatif (achieving). Hal ini ditegaskan oleh Dr. techn. Marzuki (Ketua Jurusan Fisika) pada saat membuka acara AMT secara resmi di Gedung I1.1, Kampus Limau Manis Padang.

AMT ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Jurusan Fisika. Tahun sebelumnya juga dilaksanakan khusus untuk mahasiswa Fisika angkatan 2015, dan tahun ini AMT diperuntukkan khusus untuk mahasiswa angkatan 2016. Melihat suksesnya kegiatan tahun lalu, Jurusan Fisika kembali menggandeng lembaga training propesional, Potensa Resource, Provider of Human Resources Training. Lembaga yang dikomandoi oleh Delvi Sismanto ini telah berpengalaman memberikan pelatihan di berbagai instansi baik di perusahaan swasta maupun lembaga-lembaga pemerintah.

Pelaksanaan pelatihan ini dirancang dengan metode Roleplay / games, diskusi, Aplikasi / Praktek/eksperimental . Hal ini dimaksudkan agar peserta memahami materi yang disampaikan secara komprehensip, sehingga pada akhir kegiatan peserta benar-benar dapat mengaplikasikan materi yang diperoleh baik pada saat kuliah maupun di dunia kerja. Beragam materi yang diberikan selama AMT, seperti (1) Change paradigm, paradigm shifting, paradigm flexibility (mind set change), (2) Siapa Saya Ini (SSI), (3)  Konsep aku (ambisi, kekuatan, usaha), (4) 3 motif sosial (need for achievement, need for affiliation, need for power), (5) Menentukan tujuan prestasi (goal setting), (6) Perencanaan hidup dan karier, (7) Disiplin, Ethos kerja dan komitmen, (8) Winner and Looser, (9) Keys to success dan (10) Adversity quotient. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi Mahasiswa Fisika Angkatan 2016. [Mz]

Read 257 times Last modified on Sabtu, 11 Maret 2017 10:28

Info Penting

Seminar Nasional Fisika 2017 Batas Pendaftaran Abstrak: 28 Agustus 2017
Toggle Bar