Bantuan Alat Labor dari Ikatan Alumni Fisika

14 April 2016

Kepedulian Ikatan Alumni Fisika (IKAFI) Universitas Andalas (UNAND) terhadap pengembangan Jurusan Fisika kembali ditunjukkan. Yang terbaru, Alumni Fisika memberikan sumbangan peralatan laboratorium untuk Laboratorium Elektronika & Instrumentasi. Bantuan berupa 10 buah multimeter digital untuk mendukung kegiatan praktikum dan tugas akhir mahasiswa.  Prosesi penyerahan sumbangan tersebut dilakukan pada tanggal 14 april 2016, di ruang analis Laboratorium Elektronika & Instrumentasi.

Dipilihnya multimeter sebagai objek bantuan karena banyaknya kebutuhan akan alat ini di laboratorium. Selain itu, alat jenis ini juga mudah rusak sehingga perlu dilakukan sering peremajaan. ''Bantuan ini memang kecil. Namun, kami harap bisa membantu,'' tutur Sonya Yuliantika yang mewakili IKAFI dalam serah terima alat ini. Selain itu, dia menambahkan bantuan ini juga difungsikan sebagai sarana sinergitas antara alumni dan akademisi Jurusan Fisika UNAND. 

Menanggapi bantuan tersebut, Ketua Jurusan Fisika, Dr. techn. Marzuki, mengungkapkan rasa terima kasih kepada IKAFI. Hal tersebut akan memberikan dampak yang positif terhadap pengembangan pendidikan di Jurusan Fisika. ''Apresiasi khusus saya berikan terhadap IKAFI,'' ujarnya. Dr. techn. Marzuki yang juga merupakan alumni Fisika UNAND, melanjutkan, program seperti ini sebenarnya juga dapat dijadikan teladan bagi IKA jurusan lain. Sebab, selama ini jarang bantuan peralatan laboratorium yang diterima UNAND atas nama IKA jurusan. ''Memang ada sumbangan yang diberikan alumni untuk beberapa jurusan, namun itu atas nama personal, bukan IKA,'' jelas dosen asal Bangkinang tersebut.

Setelah disumbangkan ke Jurusan, alat labor ini langsung diserahkan kepada Drs. Wildian, M.Si yang merupakan Kepala Laboratorium Elektronika & Instrumentasi. Drs. Wildian berharap, bantuan seperti ini dapat semakin gencar dilakukan oleh IKAFI. Lebih dari itu, hubungan antara IKAFI dengan birokrasi jurusan dan mahasiswa Fisika diharapkan dapat semakin erat dan menghasilkan program-program yang berkualitas. (Mz)

Gambar 1: Alat labor sumbangan IKAFI
Gambar 2: Penyerahan bantuan dari Jurusan ke Kepala Laboratorium Elektronika & Instrumentasi
Read 137 times

Info Penting

Physics Festival XIX 28-30 Oktober 2017
Toggle Bar