Sharing Profesionalisme Dunia Kerja Bersama Alumni Fisika

11 Desember 2015

Kegiatan dunia kerja dengan perkuliahan tentunya akan banyak ditemukan perbedaaan yang kadang membuat orang menjadi tidak siap untuk menghadapi kondisi dan situasi yang sesungguhnya. Sehingga menimbulkan kecemasan karena ketidakpastian harapan yang akan dilalui pada dunia kerja. Alumni yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja memiliki peran penting dalam mengatasi hal ini. Kegiatan diskusi atau talkshow  dengan narasumber para alumni untuk sharing mengenai pengalaman mereka di dunia kerja dan memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan di dunia kerja, menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

Jurusan Fisika kedatangan tamu yang istimewa pada tanggal 11 Desember 2015, yaitu tiga orang alumni yang telah berpengalaman di dunia kerja. Ketiga orang alumni ini secara spontan diminta untuk menjadi pembicara dalam sebuah diskusi yang dilaksanakan di Ruang Seminar Fisika. Kegiatan ini dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI). ‎ Diawali oleh Rinaldi Zamara, S.Si  yang kini bekerja sebagai Repair & Maintenance Engineer at PT. Exspan Petrogas Intranusa - ‎PT. Exspan Petrogas Intranusa. Dia menceritakan berbagai pengalamannya saat bekerja, dari kisah senang sampai dengan kisah pahit yang dia dapatkan. Rinaldi bercerita, ia belajar mencoba cepat beradaptasi dengan lingkungan kerjanya dengan cara aktiv berorganisasi pada saat masih duduk di bangku kuliah. Dia mengatakan bahwa “You need experience to get a job. You need a job to get experience.” yang mana bisa membantunya dalam mengatasi rasa ketidakpastian atau “kaget” dalam lingkungan pekerjaan. 

Setelah itu dilanjutkan oleh Pera Harlizon, S.Si, yang saat ini menjabat sebagai Wireline logging field engineer di PT Elnusa, Tbk. Indonesia. Dia berbagi mengenai aplikasi Fisika pada bidang eksplorasi perminyakan. Banyak ilmu Fisika yang seakan-akan sangat sederhana tetapi sangat diperlukan pada logging field. Selain itu, dalam bekerja dia juga menyarankan untuk tidak banyak mengeluh, karena mengeluh akan menutup diri dari seseuatu yang baik. Selain itu, Pera juga menambahkan bahwa “apa yang kita punya sekarang, terus update dan improve diri, baik ilmu Fisika terkini maupun ilmu-ilmu lainnya.”

Masih dari Alumni Fisika, yaitu Ruli Hidayat. Laki-laki yang selama kuliahnya sangat terkenal dengan kepiawaiannya memainkan bola basket menyampaikan bebera tips sukses di dunia kerja.  Menambahkan apa yang telah disampaikan dua pemateri sebelumnya, Ruli mengatakan dibutuhkan softskil berupa kemampuan berkomunikasi dalam dunia kerja. Selain itu juga cara mengolah data adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk berkomunikasi di dunia kerja. Dalam dunia kerja, dia juga mengatakan manajemen waktu dan presenting idea adalah sesuatu yang perlu diasah dan terus dilatih. 

Semoga alumni Fisika semakin banyak yang berbagi ilmu ke jurusan sehingga banyak pengalaman kerja dan wirausaha dapat diturunkan ke mahasiswa. Hal ini akan sangat membantu jurusan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa terutama kesiapan mereka dalam menghadapi dunia kerja. [Mz]

Gambar 1: Penyampaian materi oleh Rinaldi Zamara, S.Si
Gambar 2: Photo bersama dengan alumni, mahasiswa dan dosen
Read 154 times

Info Penting

Seminar Nasional Fisika 2017 Batas Pendaftaran Abstrak: 28 Agustus 2017
Toggle Bar