Penyerahan Beasiswa Ikatan Alumni Fisika (IKAFI) UNAND

01 Maret 2017

Sebagai salah satu bukti kepedulian Ikatan Alumni Fisika (IKAFI) terhadap mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Andalas, telah dilakukan penyerahan Beasiswa IKAFI kepada mahasiswa yang terpilih. Pemilihan dilakukan oleh Jurusan Fisika bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI). Penerima beasiswa IKAFI adalah mahasiswa Jurusan Fisika UNAND yang memenuhi persyaratan: (1) Aktif dalam kepengurusan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) dan atau sebagai anggota HIMAFI, dibuktikan dengan surat keterangan dari HIMAFI, (2) Mahasiswa dengan kondisi ekonomi kurang mampu, dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang, dan (3) Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. Besaran bantuan beasiswa IKAFI adalah Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) dan diserahkan secara bertahap sebanyak 4 (empat) kali.

Penerima beasiswa IKAFI tahun 2017 adalah Husna Dhia, mahasiswa Fisika angkatan 2015. Beliau aktiv di HIMAFI dan memiliki prestasi akademik yang baik, dengan IPK =3.40. Penyerahan beasiswa dilakukan oleh Dr. techn. Marzuki yang merupakan Wakil Ketua IKAFI dan menjabat sebagai Ketua Jurusan Fisika UNAND periode 2013-2017. Acara penyerahan ini dilakukan dalam rangkaian acara Syukuran Wisuda I tahun 2017, yang dilaksanakan tanggal 1 Maret 2017 di Ruang Seminar Fisika. Dalam sambutannya wakil ketua IKAFI menyatakan bahwa beasiswa ini adalah salah satu wujud kepedulian alumni terhadap kegiatan akademik di  Jurusan Fisika. Beliau juga menambahkan, berdasarkan informasi dari Ketua IKAFI, jumlah penerima beasiswa ini kedepannya akan ditingkatkan menjadi beberapa orang melihat antusias yang tinggi dari sebagian alumni untuk menjadi donatur tetap.

Selain beasiswa IKAFI, diserahkan juga beasiswa dari Zakat Koperasi Pegawai FMIPA UNAND. Setiap tahun Koperasi Pegawai FMIPA mengeluarkan zakat yang kemudian didistribusikan ke empat jurusan yang ada di lingkungan FMIPA UNAND. Dana zakat ini digunakan untuk membantu mahasiswa kurang mampu yang ada di setiap jurusan. Hari ini penerima bantuan adalah Desi Armanita. Beliau aktiv di kepengurusan HIMAFI dan memiliki IPK = 2.97. Sebelum Desi, dana Zakat Koperasi ini telah diserahkan juga kepada Yosi Sylvia, mahasiswa angkatan 2011, untuk biaya SPP semester Ganjil tahun akademik 2016/2017.

Perkembangan universitas maju tidak bisa dipisahkan dari peran alumni. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Jurusan Fisika dalam kata sambutannya. Beliau mengharapkan agar para wisudawan tetap menjalin silaturrahmi dengan jurusan. Alumni adalah orang yang paling tahu kondisi nyata dunia kerja sebab merekalah yang berhubungan secara langsung dengan dunia kerja tersebut. Oleh karena itu, masukan dari alumni terutama dalam pengembangan kurikulum, akan semakin mendekatkan kurikulum Prodi Fisika ke kebutuhan dunia kerja. 

Beasiswa alumni hanyalah salah satu bentuk kepedulian alumni ke Jurusan Fisika. Sebelumnya IKAFI juga telah menyerahkan bantuan dana untuk kegiatan HIMAFI, kuliah tamu dan bantuan alat laboratorium. Selamat berkarya alumni Fisika, semoga kesuksesan selalu menyertaimu ! [Mz]

 

Read 208 times Last modified on Rabu, 01 Maret 2017 19:32

Info Penting

Seminar Nasional Fisika 2017 Batas Pendaftaran Abstrak: 28 Agustus 2017
Toggle Bar