Kuliah Tamu Space Geodesy dari Alumni Fisika Unand (Dr. Deasy Arisa)

02 November 2016

Dalam rangka meningkatkan pengetahun mahasiswa Fisika tentang gempa, telah dilaksanakan kegiatan kuliah tamu dengan pembicara alumni Prodi Fisika Universitas Andalas, Dr. Deasy Arisa. Kuliah dilaksanakan pada tanggal 2 November 2016 di Plaza FMIPA, dengan judul "Space Geodesy: Earthquake study from the new point of view". Kuliah ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa Fisika baik S1 dan S2, terutama mahasiswa yang mengambil mata kuliah kebumian seperti Geofisika Umum, Metode 3G, Fisika Geotermal dan Fisika Atmosfir. Selain itu, beberapa staf dosen juga turut meramaikan kuliah yang dilaksanakan selama dua jam dari pukul 09.30-11.30 WIB.

Dr. Deasy menyelesaikan S1 di Universitas Andalas, dan S3 di Universitas Hokkaido, Jepang dengan judul disertasi  "Large and repeating slow slip events in the Izu-Bonin Arc from space geodetic data".  Dengan bekal pengetahuan yang sangat dalam beliau menyajikan materi dengan sangat lugas dan mudah dipahami. Hal ini juga didukung dengan telah adanya mata kuliah yang berhubungan dengan gempa di Prodi Fisika Unand sehingga sebagian besar peserta kuliah telah memiliki pengetahuan dasar berkenaan materi yang disampaikan. Dalam kuliah tamu ini, Dr. Deasy menceritakan tentang pemanfaatan data geodesi seperti Global Navigation Satellite System (GNSS) dan Very Long Baseline Interferometry (VLBI) untuk pengamatan gempa. Tidak semua gempa dapat dideteksi oleh Seismograf dan pemanfaatan data geodesi (terutama dari pengamatan satelit) dapat menutupi kelemahan ini. Selama kuliah bayak muncul pertanyaan dari mahasiswa, mulai dari materi kuliah yang disampaikan hinga pengalaman pribadi Dr. Deasy sehingga bisa meraih gelar doktor di salah satu universitas terbaik di Jepang. 

Mata kuliah mengenai gempa merupakan mata kuliah pilihan di Prodi S1 Fisika Universitas Andalas. Mata kuliah ini sangat disukai mahasiswa yang terlihat dari banyaknya peminat mata kuliah ini setiap semesternya. Dalam menunjang tugas akhir dana penelitian kegempaan, Jurusan Fisika Unand telah bekerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang. 

Semoga kuliah tamu yang telah dilaksanakan, menambah motivasi mahasiswa untuk semakin mendalami bidang gempa. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi daerah Sumatera Barat yang merupakan salah satu daerah rawan gempa. 

Read 313 times Last modified on Jumat, 24 Februari 2017 21:44
More in this category:

Info Penting

Physics Festival XIX 28-30 Oktober 2017
Toggle Bar