Berbagi Pengalaman Kerja Bersama Alumni

12 Januari 2018

Padang (Fisika Unand) - Tidak sedikit mahasiswa Fisika yang gamang menjalani kuliah di bidang Fisika karena lapangan perkerjaan yang “katanya” sempit. Peran alumni yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja memiliki peran penting untuk mengatasi hal ini, membuka wawasan mahasiswa bahwa seorang sarjana Fisika tidak hanya di Bimbel, Guru, Dosen atau posisi PNS lainnya. Kegiatan diskusi atau talkshow  dengan narasumber para alumni untuk sharing mengenai pengalaman mereka di dunia kerja dan memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan di dunia kerja, menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

Jurusan Fisika kedatangan tamu yang istimewa pada tanggal 12 Januari 2018, yaitu alumni yang telah berpengalaman di dunia kerja. Beliau adalah Dorisno Usman yang bekerja sebagai Nature and Compliance Coordinator PT Danone ELN Indonesia di Yogyakarta. Dorisno adalah alumni Fisika angkatan 2003. Mengawali diskusi beliau menjelaskan bidang-bidang Fisika yang paling banyak diterapkan di dunia industri.  Dia menceritakan berbagai pengalamannya saat bekerja, dari kisah senang sampai dengan kisah pahit yang dia rasakan. Kemudian, pemaparan dilanjutkan dengan bagaimana menemukan lowongan pekerjaan yang baik, bagaimana cara menjawab beberapa pertanyaan pada interview, bagaimana sikap kita setelah bekerja dan lain sebagainya. Dorisno bercerita, ia belajar untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan kerjanya dengan cara aktiv berorganisasi pada saat masih duduk di bangku kuliah. Pengalaman organisasi sangat membantunya dalam mengatasi rasa ketidakpastian atau “kaget” dalam lingkungan pekerjaan. Kita memerlukan track record yang baik untuk mendapatkan posisi/pekerjaan yang baik, salah satu caranya adalah dengan aktiv berorganisasi. Dia menegaskan bahwa “Hasil Tak Akan Pernah Mengkhianati Usaha”.

Dorisno juga menjelaskan softskil-softskil dasar yang dibutuhkan didunia kerja  berupa kemampuan berkomunikasi (Bahasa Inggris dan Bahasa lain) dalam dunia kerja. Selain itu juga cara mengolah data adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk berkomunikasi di dunia kerja. Dalam dunia kerja, dia juga mengatakan manajemen waktu dan presenting idea adalah sesuatu yang perlu diasah dan terus dilatih. Hal lain yang tidak kalah penting adalah integritas; orang sepintar apapun tetapi tidak berintegritas akan disingkirkan dari perusahaan.

Kegiatan sharing pengalaman ini dihadiri sekitar 50 mahasiswa, yang sebagian besar adalah calon wisudawan-I Februari 2018, dan staf dosen. Semoga alumni Fisika semakin banyak yang berbagi ilmu ke jurusan sehingga banyak pengalaman kerja dan wirausaha dapat diturunkan ke mahasiswa. Hal ini akan sangat membantu jurusan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa terutama kesiapan mereka dalam menghadapi dunia kerja.  Untuk tahun 2018, Jurusan menargetkan minimal empat kali kuliah/sharing bersama alumni. [Mz]

Read 256 times Last modified on Jumat, 12 Januari 2018 22:28

Info Penting

Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Genap 2017/2018 12-23 Maret 2018
Toggle Bar